Sepatu Kobe Bryant Laris, Nike Justru Hentikan Penjualan

Oleh Henry pada 29 Jan 2020, 16:04 WIB
Diperbarui 29 Jan 2020, 16:04 WIB
[Bintang] Kobe Bryant Persembahkan Permainan Terakhir Sebelum Ucapkan Selamat Tinggal LA Lakers

Liputan6.com, Jakarta -  Kepergian pebasket legendaris, Kobe Bryant bukan hanya mengguncang industri olahraga basket, tapi juga memberikan pengaruh pada bidang fesyen.

Sebagai salah satu pebasket top dunia, mantan pemain klub Los Angeles Lakers ini sangat lekat dengan sepatu. Saat masih berkarier di NBA, Kobe bersama produsen olahraga raksasa dunia, Nike dan Adidas, telah banyak merilis sepatu signature.

Sejak berita kematian Kobe Bryant pada Minggu, 26 Januari 2020, harga beli sepatu signature sang atlet langsung meroket tajam.

Contoh, dilansir dari Business Insider dan The Hollywood Reporter, para reseller mencoba meraih keuntungan dari berita duka yang mengguncang dunia olahraga ini.

Sepasang sepatu signature Kobe dijual kembali di StockX, disebutkan awalnya hanya dijual kurang dari 200 dolar AS atau Rp2,7 juta. Namun, sejak hari Minggu kemarin sudah dibanderol seharga seribu dolar AS atau sekira Rp13,6 juta.

Menurut pihak StockX, kenaikan ketertarikan terhadap berbagai produk yang berhubungan dengan sosok Kobe adalah hal wajar, mengingat reputasi ayah empat anak itu sudah mendunia. Itu juga diyakini sebagai bukti sosok Kobe, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Selain sepatu, jersey atau kostum Lakers dengan nomor punggung 24 milik Kobe juga diserbu penggemar. Pihak Lakers sendiri sementara telah menghentikan penjualan barang-barang yang berhubungan dengan Kobe.

Namun, laman resmi NBA masih menjual berbagai merchandise, termasuk sepatu koleksi Nike yang berkolaborasi dengan Kobe sejak 2003.

Di laman eBay, sepasang sepatu Nike Hyperdunk Supreme Kobe Bryant Lakers PE Snakepools terjual sekitar 17.824 dolar AS atau Rp249 juta. Pembelinya juga mendapatkan bola basket dengan tanda tangan Kobe Bryant.

Lalu, ada juga dua kostum Kobe Bryant saat membawa Lakers menjuarai NBA dua musim berturut-turut dengan harga 24,8 ribu dolar AS atau sekitar Rp347 juta.

2 dari 3 halaman

Mengambil Keuntungan dari Kematian Tragis Kobe Bryant

Kobe Bryant, Barcelona
Mantan pebasket NBA, Kobe Bryant (tiga dari kiri) berpose bersama para penggawa Barcelona, beberapa waktu lalu. Bryant menyebut Barcelona lebih bagus dibanding Real Madrid. (The Nacional)

Yang paling mencengangkan adalah kartu basket ‘1996 Topps Chrome #138 Kobe Bryant Rookie Card’ yang dijual di eBay dengan harga 1 juta dolar AS atau sekitar Rp14 miliar.

Namun, kondisi ini coba dihentikan agar tak ada lagi pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan dari kematian tragis Kobe. Pendiri Urban Necessities Jaysse Lopez mengatakan pada pihak-pihak yang berhubungan dengan dirinya, menaikkan harga barang-barang Kobe setelah tragedi mengenaskan adalah hal yang tidak akan diizinkan.

Langkah serupa juga dilakukan pihak Nike. Beberapa produk mereka yang berhubungan dengan Kobe sebenarnya sudah banyak terjual.

Meski bisa mendapat keuntungan lebih banyak lagi, mereka memutuskan menghentikan sementara penjualan barang-barang, termasuk sepatu, yang berhubungan dengan Kobe .

Dalam sebuah pernyatan yang dirilis 28 Januari 2020, mereka mengucapkan rasa duka mendalam terhadap kematian Kobe dan putrinya, Gianna. Bagi mereka, Kobe Bryant bukan hanya sosok atlet terbesar dan berpengaruh dalam generasinya, tapi juga bagian dari keluarga besar mereka.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Cegah Corona, Begini Cara Sterilkan Pesawat dengan Sinar UV