Sukses

Perawatan Ortodonti demi Gigi Geligi Indah dan Sehat

Menurut drg. Tirsa, perawatan ortodonti yang efektif dan efisien dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti atau ortodontis.

Liputan6.com, Jakarta - Minat masyarakat Indonesia terhadap perawatan ortodonti (perawatan untuk meratakan gigi) dengan menggunakan behel atau kawat gigi terbilang tinggi. Hal ini didasari oleh keinginan banyak orang untuk memiliki susunan gigi geligi yang indah dan sehat.

Menurut drg. Tirsa Laksmihadiati. MM, Sp.Ort, perawatan ortodonti bukan hanya untuk mendapatkan senyuman yang indah. Selain alasan estetika, perawatan ortodonti penting dilakukan untuk memperbaiki ketidakteraturan pada gigi geligi sehingga memudahkan pembersihan gigi.

Dengan pembersihan gigi yang lebih baik, tentu saja risiko gigi berlubang dan penyakit gusi dapat lebih ditekan. Lebih lanjut, drg. Tirsa menyebutkan kalau perawatan ortodonti yang efektif dan efisien dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti atau ortodontis.

Menjawab permintaan masyarakat tentang perawatan ortodonti yang optimal, didirikanlah Fleming Orthodontics Center (FOC). FOC menyediakan ortodontis-ortodontis berpengalaman yang menjalani pendidikan dan pelatihan dalam dan luar negeri. Ortodontis FOC selalu siap setiap hari, pagi sampai malam untuk melayani pasien dari usia anak, remaja, hingga dewasa.

"Kami punya alat diagnostik lengkap dengan teknologi terbaru untuk menunjang penegakan diagnosis," terangnya. Ia merinci, saat ini peralatan diagnostik yang terdapat di FOC meliputi x-ray 2 dimensi (2D) panoramik dan cephalometri, x-ray 3 dimensi (3D) yaitu cone beam computed tomography (CBCT), 3D scanner, 3D printer, serta laboratorium ortodonti.

Fasilitas X-ray 2 dimensi digunakan untuk menganalisa jaringan gigi dan tulang, serta hubungan antar rahang terhadap tulang kepala. Sementara X-ray 3 dimensi digunakan untuk mengetahui hal-hal yang lebih spesifik, seperti posisi gigi yang terbenam dalam tulang, mengukur panjang akar, dan lain-lain.

"Kami juga memiliki 3D scanner untuk mempersingkat waktu pembuatan aligner (alat untuk merapikan gigi dari bahan plastik) atau membantu pencetakan gigi pada pasien yang tidak dapat dilakukan pencetakan gigi dengan cara biasa. Sedangkan, 3D printer digunakan untuk mencetak hasil scanner sehingga pasien dapat melihat susunan gigi geliginya secara riil," jelasnya.

FOC juga mengedepankan perawatan ortodonti yang "invisible atau tak terlihat" karena FOC mengerti bahwa masyarakat memerlukan perawatan ortodonti yang lebih nyaman dan mengutamakan aspek estetik.

Dii klinik ini, pasien dapat memilih untuk menggunakan aligner yang terpercaya seperti InvisalignTM (USA) atau MaestroTM (Italy). Jika pasien merasa kurang kooperatif untuk memakai aligner yang merupakan alat lepasan, pasien dapat memilih opsi penggunaan behel di belakang gigi (lingual bracket).

Selain alat ortodonti yang invisible, FOC juga menyediakan pilihan behel berupa bracket biasa, diantaranya bracket self self-ligating bracket DamonTM Clear, bracket konvensional Clear.

FOC juga menyediakan pilihan behel berbahan metal seperti bracket self ligating Damon QuantumTM, bracket metal konvensional. Selain itu, klinik ini jg ada pilihan perawatan berupa alat ortodonti lepasan, serta alat ortodonti fungsional yang ditujukan bagi pasien usia pertumbuhan.

"Setiap jenis alat ortodonti yang akan digunakan dalam perawatan disesuaikan dengan kasus orto tiap pasien dan kebutuhan serta budget pasien dengan mempertimbangkan hasil diagnosis orto, analisis kasus serta rencana perawatan dari masing-masing pasien," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.