Aljazair Jadi Negara Favorit untuk Dikunjungi Backpackers di 2020

Oleh Henry pada 27 Jan 2020, 14:04 WIB
Diperbarui 27 Jan 2020, 14:04 WIB
Tipaza, Aljazair
Perbesar
Tipaza, Aljazair. (dok.Instagram @tipaza_42/https://www.instagram.com/p/B7yzp1qozEK/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai kegiatan bertualang serta berwisata serba ringkas dan sederhana, backpacker jadi salah satu hal yang menarik untuk dicoba. Selain melatih keberanian, backpacking disebut, secara tidak langsung, membuat Anda belajar manajemen waktu dan meningkatkan rasa percaya diri.

Makin diminati terutama oleh generasi milenial, muncul banyak komunitas maupun organisasi backpacker di berbagai negara. Salah satuya adalah The British Backpackers (BBS) , sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mempromosikan terkait perjalanan bagi para petualang (backpacker) di dunia.

Tiap tahunnya, BBS merilis tempat-tempat yang mereka anggap sebagai salah satu daerah menarik untuk dikunjungi para backpacakers.

Di tahun lalu, BBS menyatakan, Paksitan adalah destinasi terbaik untuk dikunjungi para backpackers. Di tahun ini, mereka berkolaborasi dengan laman Lonely Planet untuk mengetahui destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi.

Dilansir dari laman Lonely Planet, 25 Januari 2020, mereka mengungkapkan Aljazair sebagai destinasi wisata terbaik. Negara di Afrika Utara ini memiliki negara yang luas dan punya banyak daya tarik untuk wisatawan, terutama para backpackers.

Negara ini juga memiliki pemandangan gurun kelas dunia, masyarakat yang ramah, dan bangunan kuno yang menakjubkan. Gurun jaidi salah satu ciri khas negara ini karena sekitar 80 persen ditutupi oleh gurun pasir.

Selain itu, Aljazair juga mempunyai bangunan masjid yang indah, serta campuran kebudayaan dan sejarah Romawi, Ottoman, Arab dan Bizantium.

2 dari 3 halaman

Kota Paling Dramatis

Intip Pesona Masjid Bersejarah Peninggalan Dinasti Ottoman di Aljazair
Perbesar
Kondisi bagian depan Masjid Ketchaoua atau Katsyawah yang berada di distrik Casbah, Aljir, Aljazair, Rabu (15/11). Setelah mengalami renovasi yang cukup lama, masjid ini siap dibuka kembali untuk umum. (AFP Photo/Ryad Kramdi)

Salah satunya kota Tlemcen yang merupakan perpaduan yang menakjubkan antara budaya Berber dan Arab-Andalusia, Lalu ada Timgad dan Djemila keduanya merupakan cagar budaya yang diakui UNESCO dan kota pesisir Tipaza yang begitu indah sehingga penulis Prancis Albert Camus menyebutnya sebagai kota yang dihuni oleh para dewa.

Tentang pengalaman perjalanan favoritnya di Aljazair, Adam Sloper, salah satu pendiri BBS, mengatakan kalau ia sangat menikmati mengunjungi kota Constantine.

"Saya telah melakukan perjalanan lebih dari 90 negara, dan dalam semua perjalanan ini, saya belum pernah melihat kota seperti Constantine. Dengan jurang yang menakjubkan. Constantine yang bersejarah punya salah satu pemandangan kota paling dramatis di bumi, dan kemungkinan akan menjadi tujuan yang sangat populer bagi wisatawan asing di tahun-tahun mendatang," tuturnya.

Selama sebulan terakhir, BBS secara bertahap merilis 10 destinasi wisata petualangan yang menarik pada 2020.

Setelah Aljazair, ada Arab Saudi di posisi kedua, Pakistan di peringkat ketiga, Iran di posisi keempat, lalu di urutan ke lima Kazakhstan. Lalu Uzbekistan keenam, Bosnia dan Hercegovina peringkat ketujuh, Rusia delapan, Ethiopia kesembilan, dan Azerbaijan di peringkat ke-10.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓