Sukses

Di Usia 24, Rico Huang Beli Ferrrari dan Mesin Photobook Miliaran Rupiah

"Selagi masih muda kita habisin jatah gagal supaya jatah sukses kita lebih cepat datang," kata Rico Huang.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap kejadian selalu membawa hikmah, termasuk juga musibah. Hal ini dialami oleh Rico Huang. Berawal dari sebuah musibah saat masih duduk di bangku sekolah dasar, Rico memutuskan untuk memperbaiki kehidupan finansialnya dengan membantu orang tuanya berdagang jam tangan selama tiga tahun.

Beranjak SMP dengan modal uang jajan dan angpao Rico memulai bisnis pertamanya jualan aksesoris. Sayangnya, bisnis yang digelutinya harus berakhir bangkrut karena tak kuat bersaing dengan perang harga. Namun hal itu menjadi momen munculnya jiwa entrepreneur dalam dirinya.

“Selagi masih muda kita habisin jatah gagal supaya jatah sukses kita lebih cepat datang,” ungkap Rico. Singkat kata, baginya, jatuh berkali-kali itu merupakan hal yang biasa.

Petualangan bisnisnya pun berlanjut saat dirinya memulai bisnis casing HP custom. Rico tertarik bisnis ini karena pada saat itu banyak orang yang ingin membeli casing HP dengan gambar sesuai dengan keinginan sendiri atau suka–suka,tetapi tidak ada yang bisa membuatnya.

Dari peluang bisnis casing HP custom, Rico pun mulai merambah ke kaos, topi, mug, jaket yang bisa di-custom. Hingga kemudian terbentuklah Dropshipaja.com yang tercatat sudah memiliki 85.000 reseller di seluruh Indonesia.

Selain di bidang produk, ekspansi bisnis Rico juga merambah kebisnis software dan sekolah internet marketing, yang kini menjadi salah satu sekolah internet marketing terbesar di Indonesia. Berkat kerja kerasnya, diumur 21 tahun ia berhasil membeli mobil pertamanya, Mercy. Kemudian selang tiga tahun atau diumurnya yang ke 24 tahun, ia kembali bisa membelimobilimpiannya, Ferrari California.

Sukses dengan Dropshipaja.com, di bawah bendera PT Alona Indonesia Raya, Rico Huang baru saja membeli sebuah mesin printing seharga Rp10 miliar yang bisa mencetak satu produk yang pangsa pasarnya masih terbilang tinggi di Indonesia.

Soal pilihan bisnis ini, Rico beralasan, “Berdasarkan data dari Retail Photo Market Value 2018, di Eropa ada satu perusahaan yang bisa menghasilkan omset Rp120 triliun hanya dari satu produk lewat mesin printing ini. Nah, di Indonesia inipasarnya masih luas dan belum ada pemainnya.Jadi, peluangnya besar,” ucap Rico.

Berbeda dengan Ferrari, harga mesin printing ini 4 kali lipat lebih mahal, punya kecepatan super kilat, dan kualitas produk yang mumpuni. Selaras dengan harganya yang super, biaya maintenance mesin printing yang bernama BAIM inipun, diakuinya, lumayan mahal sekitar Rp30 juta per bulan diluar depresiasi.

“Produk ini adalah photobook /photo album. Market dari photobook adalah perempuan, para ibu muda yang memiliki anak, traveler, photographer, mahasiswa atau siapapun yang mau mencetak foto menjadi sebuah memori. Agar kenangan manis bisa tersimpan rapi dalam photo album,” tuturnya.

Kenapa Photobook ? Data dari Wearesocial menunjukkan, 60 persen orang di Indonesia adalah pengguna smartphone dan ada ribuan foto yang hampir dimiliki oleh penggunanya.

Selain itu foto adalah digital file yang memiliki banyak variasi produk yang bisa di temukan dimana saja. Bisa dalam bentuk dekorasi wallpaper kantor, foto untuk wedding, sebagai kado untuk orang tersayang dan masih banyak lainnya.

Bahkan berdasarkan data dari printed photo product USA, ada 68 persen menggunakan foto sebagai hadiah atau untuk konsumsi pribadi. Dengan banyaknya data dan nilai pasar yang tinggi, photobook menjadi salah satu variasi produk printing foto yang sangat bisa menjanjikan dalam sebuah bisnis kreatif.

Atas dasar inilah, Rico Huang berani membeli mesin printing ini untuk membuka peluang usaha bisnis baru di Indonesia.Terlebih belum ada pemain yang masuk dalam bisnis ini.Produk photobook ini akan dibuka penjualannya di platform Dropshipaja.com pada 1 Maret 2020.

Kalau tertarik dengan peluang bisnis melalui produk photobook ini, tidak perlu lagi khawatir keluar budget mahal untuk membeli mesin.

“Tinggal join, akan ada katalog siap pakai, bisa mengatur jadwal pengiriman, banner promosi siap pakai, bisa mengirimkan produk sesuai dengan nama toko Anda. Lalu And atidak perlu banting harga dengan marketplace, sebab memang belum ada pemainnya,” pungkas Rico Huang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini