Sukses

Fashion Show Terakhir Desainer Jean-Paul Gaultier Bertabur Bintang

Jean-Paul Gaultier, desainer yang terkenal akan ide-ide kontroversi, mengumumkan pamit dari runway setelah 50 tahun berkarya.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Jean-Paul Gaultier, desainer asal Prancis yang membuat Madonna mengenakan 'bra peluru' dan merancang rok-rok kontras untuk para lelaki, pamit dari runway setelah tak kurang dari 50 tahun berkarya.

Melansir New York Times, Jumat (24/1/2020), keputusan ini diumumkan akhir pergelaran busananya di Théâtre du Châtelet, Paris, Prancis. Momen emosional ini dihadiri teman, serta keluarga, mulai dari aktor Béatrice Dalle dan Rossy De Palma, hingga model Yasmin Le Bon, juga Paris Jackson.

Lelaki 67 tahun tersebut sebenarnya sudah mundur dari pergelaran busana ready-to-wear pada 2014. Tapi, pertunjukan yang dideskripsikan doozy oleh New York Time itu merupakan ucapan selamat tinggal terakhir, setidaknya di panggung runway.

Setelah ini, diduga kuat sang desainer akan mengambil peran di perusahaannya yang dimiliki grup asal Spanyol, Puig. Juga, lelaki yang pernah merancang busana untuk Nicole Kidman, Cate Blanchett, Lady Gaga, juga Rihanna ini telah punya kerja sampingan sebagai sutradara kabaret.

Sudah beberapa waktu lalu sejak Gaultier dinilai sebagai sosok kontroversi di dunia fesyen, termasuk soal menemukan inspirasi dari komunitas Yahudi Orthodox, menantang stereotip genre, serta menggunakan jasa model dengan ragam bentuk tubuh, serta usia.

Jean-Paul Gaultier dinilai berhasil mengarahkan rumah-rumah produksi artisan jadi label berskala global. Kepiawaiannya dibuktikan saat menjabat creative director di brand besar, yakni Hermes pada 2003--2010. Ide-idenya disebut turut membentuk industri fesyen bergerak ke arah sebagaimana yang tampak sekarang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fashion Show Terakhir

Koleksi terakhir yang diperlihatkan Jean-Paul Gaultier merupakan padanan edgy, feminin, dan chic. Gaultier mengekspresikan idenya dalam lebih dari 200 look yang beberapa potongnya merupakan busana nostalgia.

Mereka adalah pakaian dalam dikenakan di bagian luar, potongan denim, celana jas yang kemudian malah jadi hot pants, aksen garis biru-putih, serta body suit. Tak hanya 'mendaur ulang' tema, ia juga menggunakan material bekas yang diolah kembali.

"Saya membuka semua lemari saya dan mengambil koleksi lama. Saya menggunakan material itu kembali. Apa yang saya lakukan pertama tak mendasar pada sumber apapun. Apa yang saya lakukan hari ini merupakan cerminan untuk memberi napas pada kreasi baru," tulis Gaultier di catatan selamat tinggalnya.

BBC menulis, busana-busana tersebut diperankan sekian banyak model, di antaranya kakak-adik Gigi dan Bella Hadid, Dita Von Teese, Karlie Kloss, Larsen Thompson, juga mantan Ibu Negara Prancis Carla Bruni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.