Usaha Kota Semarang yang Diganjar Penghargaan Kota Wisata Terbersih ASEAN

Oleh Komarudin pada 22 Jan 2020, 11:05 WIB
Diperbarui 22 Jan 2020, 11:05 WIB
Kota Lama, Semarang.

Liputan6.com, Jakarta - Kota Semarang mencuri perhatian usai meraih penghargaan sebagai Kota Wisata Terbersih standar ASEAN 2020-2022. Penghargaan tersebut diberikan oleh ASEAN Tourism Forum, baru-baru ini.

"Penilaian Kota Wisata Terbersih tersebut mencakup tentang kebersihan secara keseluruhan," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Indriyasari kepada Liputan6.com, Selasa, 20 Januari 2020.

Indriyasari mencontohkan beberapa poin, termasuk tentang sampah, penanganan sampah, ruang terbuka hijau, dan lainnya. Hal-hal itu yang menjadi penilaian dari ASEAN Tourism Forum.

"Jadi, penilaian itu bukan hanya satu hal saja, tapi penilaian tersebut dilakukan secara keseluruhan yang tentang kebersihan," ujar Indriyasari.

Lebih jauh, Indriyasari mengatakan terus berupaya agar semua warga Semarang untuk menjaga kebersihan kota. Salah satunya lewat gerakan Semarang Wegah Nyampah (Semarang Tak Mau Nyampah).

"Peraturan tersebut dikeluarkan oleh Wali Kota Semarang. Kami berusaha menggerakan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan," lanjut Indriyasari.

2 dari 3 halaman

Pengendalian Sampah Plastik

Semarang
Semarang mendapat penghargaan Kota Terbersih se-Asia Tenggara. (dok. Instagram @semarangprojects/https://www.instagram.com/p/B7b_8kMHwqv//Adhita Diansyavira)

Selain itu, kata Indriyasari, pihaknya juga berusaha untuk mengentaskan banjir. Saat ini, Kota Semarang sudah tidak banjir lagi.

"Kami akan mempertahankan itu. Oleh karena itu, perlu kerja sama semua pihak," kata Indriyasari.

Selain tidak membuang sampah sembarangan, Kota Semarang juga berusaha untuk mengendalikan sampah plastik. Indriyasari mencontohkan, saat ini di Kota Semarang mulai mengurangi penggunaan sedotan dan juga kantong plastik.

"Semua itu tertuang dalam Peraturan Wali Kota (Perwal) Semarang Nomor 27 tahun 2019," ucap Indriyasari.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Lanjutkan Membaca ↓