Saksikan Lomba Maraton Sepeda GFNY 2020 di Bali

Oleh Reza pada 20 Jan 2020, 15:42 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 15:42 WIB
Ernest Heng
Perbesar
Ernest Heng Kuasai Race Jarak Menengah (Liputan6.com/Achmad Yani)

Liputan6.com, Jakarta Selain lari, lomba sepeda ternyata cukup digemari di Indonesia. Terbukti ada banyak event balapan yang diadakan di kota-kota besar di Indonesia. Perlombaan tersebut pun terbilang rutin tahunan. Salah satunya Gran Fondo New York atau yang dikenal dengan sebutan GFNY.

Perlombaan ini selalu diadakan di Bali yang biasanya jatuh pada bulan Februari. Tahun 2020 pun GFNY kembali digelar dengan start mulai dari kawasan Gianyar, Bali. Seperti apa lomba tersebut nantinya akan diadakan? Simak beberapa informasi pentingnya di bawah ini!

Sudah Ada Sejak 2010

Sebelum diselenggaran di Bali dalam beberapa tahun ke belakang, acara ini sudah terkenal sejak 2010 di negara asalnya, Amerika Serikat. Perlombaan ini mengajak orang-orang, khususnya pada penyuka olahraga sepeda, untuk menjadi seorang atlet pro dalam sehari.

GNFY langsung berkembang di 11 negara lain dalam hitungan bulan. Indonesia pun sudah menyelenggarakan sejak 2016 lalu. Event pertamanya kala itu berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Tahun-tahun setelahnya, giliran Bali yang dipilih sebagai tuan rumah. Alasan bentuk geografis lintasan dan pemandangan yang memukau jadi pertimbangannya. Tahun 2020 pun GFNY kembali diadakan di Bali sama seperti tahun 2019 lalu.

Diikuti Pesepeda dari Berbagai Negara

Kamu pun bisa ikut lombanya sekarang, loh. GFNY memang dirancang untuk bisa diikuti oleh seluruh orang. Malah, kamu bisa mengikutinya di lebih dari satu negara. Pasalnya, setiap negara punya tanggal penyelenggaran yang berbeda.

Untuk penyelenggaraannya di Indonesia, GFNY akan diadakan pada 21 – 24 Februari 2020 untuk seluruh rangkaian acara. Perlombaan akan diadakan pada 23 Februari 2020 dengan start mulai dari Rumah Luwih Beach Resort Bali.

Sejauh ini, tidak kurang dari 1500 peserta lomba yang sudah mendaftar. Uniknya, semua peserta tidak diberikan nomor dan nama saat berlomba. Ini supaya tidak ada satu peserta pun yang mendapatkan perhatian khusus karena sudah punya nama besar.

Punya Dua Kategori Lomba

Kamu bisa mengikuti atau menyaksikan perlombaan dengan dua nomor berbeda. Pertama adalah kategori medium distance. Peserta lomba harus menempuh jarak sekitar 103 km dengan total tanjakan yang harus didaki adalah 1.389 m.

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti kategori long distance. Jaraknya tidak kurang dari 134 km dengan total tanjakan mencapai 2.167 m. Semua kategori pun akan diadakan di wilayah Gianyar, Bali.

Para peserta pun akan dibagi kembali berdasarkan individu masing-masing. Baik pria dan wanita, akan ditempatkan berdasarkan kelompok umur dengan rentang yang tidak terlalu jauh.

Kategori pria akan ada mulai dari 18 – 39, 40 – 44, 45 – 49, 50 – 54, 55 – 59, dan 65+. Di sisi lain, individu wanita pun akan dibagi kelompok mulai dari 18 – 39, 40 – 44, 45 – 49, 50 – 54, 55 – 59, dan 55+. Tidak dibedakan kelompok pro dan amatir.

Bukan Hanya Sekadar Menonton Lomba

Beruntungnya, GFNY memilih Bali sebagai tuan rumah penyelenggaraan lombanya. Dengan kata lain, ada lebih banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana. Pasalnya, Bali selalu jadi pulau terbaik untuk berlibur.

Nah, perlombaan ini masih akan berlangsung setidaknya satu bulan ke depan. Masih ada waktu untuk kamu menyiapkan rencana untuk datang ke Pulau Bali untuk berlibur sambil menyaksikan perlombaan sepeda maraton GFNY.

Coba sekarang cek tiket ke Bali 2020 dan pesan penerbangan ke sana. Selalu ada alasan untuk kembali ke Bali dan event GFNY juga jadi salah satu alasan terbaiknya tahun 2020 ini. Sampai ketemu di lokasi acara, ya!

 

(*)