Surat Penumpang Asal Jepang, Puji Kebersihan di Toilet Bandara Soekarna-Hatta

Oleh Henry pada 20 Jan 2020, 13:02 WIB
Diperbarui 20 Jan 2020, 13:02 WIB
Surat dari Penumpang asal Jepang
Perbesar
Surat dari penumpang asal Jepang memuji kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta. (dok. Facebook Angkasa Pura II/https://www.facebook.com/airport138/photos/pcb.2612078019029485/2612077205696233/?type=3&theater/Adhita Diansyavira)

Liputan6.com, Jakarta - Sepucuk surat ditinggalkan oleh seorang penumpang berkebangsaan Jepang yang melakukan penerbangan di Bandara Soekarno Hatta. Dilansir dari akun Facebook Angkasa Pura II, Senin (20/1/2020), pengirim surat pujian tersebut mengaku bernama Noriyuki Nakamura.

Penumpang tersebut mengaku saat itu adalah kedua kalinya ia menginjakkan kaki di Bandara Soekarno Hatta. Ia mengagumi kebersihan bandara internasional yang berlokasi di Tangerang, Banten, tersebut.

Dalam surat yang ditujukannya untuk manajer Bandara Soekarno Hatta itu juga Noriyuki Nakamura mengaku mengamati salah satu staf yang membersihkan karpet merah. Ia terlihat sangat teliti dan hati-hati.

"Bandara ini sangat bersih dan staffmu sangat luar biasa," tulis Noriyuki Nakamura dalam surat yang ia tulis 30 Desember 2019.

"Aku tahu itu merupakan perkerjaannya sehari-hari, tapi aku sangat terpukau dengan caranya menyeka tempat sampah," sambungnya. Dalam surat itu, ia juga membandingkan kinerja petugas toilet tersebut dengan pekerja di negara asalnya. "Di Jepang tidak ada yang bisa melakukan hal seperti yang ia lakukan," katanya.

Bahkan, Noriyuki mengaku ia sempat berpikir staf di Bandara Soekarno Hatta mendapat pelatihan khusus untuk membersihkan area bandara. "Saya kira ia mendapatkan pelatihan spesial," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Dukungan Warganet

Surat dari Penumpang asal Jepang
Perbesar
Surat dari penumpang asal Jepang memuji kebersihan di Bandara Soekarno-Hatta. (dok. Facebook Angkasa Pura IIhttps://www.facebook.com/airport138/photos/pcb.2612078019029485/2612077195696234/?type=3&theater/Adhita Diansyavira)

Di akhir suratnya, Noriyuki Nakamura berpesan kepada manajer bahwa mereka harusnya bangga punya petugas toilet yang menjaga kebersihan bandara yang digadang-gadang menyaingi Bandara Changi Singapura itu.

Kebanggaan juga ditunjukan oleh Admin yang mengunggah foto tersebut. "APmin ikut bangga nih AP2friends, atas apresiasi salah satu penumpang dari Jepang kepada petugas cleaning service di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta," ujarnya seraya menyertakan foto surat tersebut.

Warganet Indonesia turut memberikan apresiasi di kolom komentar unggahan Angakasa Pura II. Mereka mengusulkan untuk memberi penghargaan khusus bagi petugas kebersihan yang telah bekerja dengan baik di Bandara Soekarno Hatta. (Adhita Diansyavira)

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓