PMI Terima Bantuan 10 Truk Air dan 1 Truk Barang dari IFRC

Oleh Komarudin Komar pada 18 Jan 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 18 Jan 2020, 13:30 WIB
Serah terima 10 truk air dan truk barang dari IFRC kepada PMI di Markas PMI.

Liputan6.com, Jakarta - The International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) menyerahkan secara simbolis bantuan berupa 10 unit truk tangki air dan satu truk barang pada Palang Merah Indonesia (PMI), 17 Januari 2020, di Markas Besar PMI, Jakarta. 

Bantuan tersebut diterima langsung Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melalui Jan Gelfand selaku Kepala IFRC Perwakilan Indonesia-Timor Leste dan Perwakilan ASEAN. "Kami sangat mengapresiasi mitra kemanusiaan kami, IFRC, atas bantuan yang diberikan,"ucap Jusuf Kalla.

Sebagai kebutuhan mendasar yang diperlukan masyarakat saat bencana datang, air bersih selalu jadi prioritas bagi PMI. Bantuan dari IFRC dinilai akan makin membantu kekuatan armada operasional PMI yang dimobilisasi di setiap bencana.

Menurut Kepala IFRC Perwakilan Indonesia-Timor Leste dan Perwakilan ASEAN Jan Gelfand, PMI merupakan organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia yang mendapat dukungan dari berbagai relawan.

Di samping, PMI mampu membuat relawan selalu siap bekerja dan berdedikasi dalam memberi bantuan pada masyarakat terdampak bencana.

"Kami berharap bantuan truk barang juga mempermudah PMI dalam mendistribusikan bantuan kemanusiaan pada masyarakat terdampak (bencana)," kata Jan Gefland.

2 of 3

Butuh 200 Tangki Air

Jusuf Kalla berfoto bersama anggota PMI.
Jusuf Kalla berfoto bersama anggota PMI. (dok. Liputan6.com/Tri Ayu Lutfiani)

PMI dan IFRC merupakan bagian dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yang telah bekerja sama di bidang tanggap darurat, juga kesiapsiagaan bencana.

Dalam satu tahun terakhir, kedua organisasi ini telah bekerja sama dalam memberi bantuan korban terdampak bencana di Lombok, Sulawesi Tengah, Selat Sunda, dan Ambon. 

Sejak 2018 hingga 2019, IFRC telah mendukung PMI dengan memberikan bantuan distribusi air hingga 37.617.383 liter di wilayah bencana di atas. Hingga saat ini, PMI telah memiliki 110 truk tangki air dari 200 tangki air yang dibutuhkan.

Truk air sendiri, selain untuk pasokan saat terjadi bencana alam, nyatanya juga diperlukan di daerah yang mengalami kekeringan. Sedangkan truk barang biasanya mengangkut bantuan, seperti selimut, sanitasi, dan peralatan kesehatan. 

IFRC dan PMI juga membantu masyarakat dalam bentuk pemulihan dini dan memberi edukasi mengenai langkah-langkah mitigasi bencana. (Tri Ayu Lutfiani)

3 of 3

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓