Sukses

Rekor Roti Terpanjang di India Kalahkan Rekor di Tiongkok

Sekitar 1.500 tukang roti di India berkumpul dan memanggang roti terpanjang itu.

Liputan6.com, Jakarta - Guinness World Records kembali mencatat roti terpanjang di dunia. Dilansir dari Asiaone.com, Jumat, 17 Januari 2020, ratusan tukang roti di India telah membuat roti sepanjang 6.500 meter.

Sejak Rabu, 15 Januari 2020, sekitar 1.500 tukang roti di India telah bersiap di ribuan meja yang terbentang di Kota Thrissur, Kerala.

Roti aroma vanili dengan lebar 10cm itu berbobot sekitar 59.500 pound atau setara dengan 27.000 kilogram. Acara yang diselenggarakan oleh Bakers Association Kerala (BAKE) menarik minat masyarakat di India.

Hal ini juga disinggung oleh Sekretaris jenderal BAKE, Naushad. "Ini adalah upaya untuk menunjukkan keahlian kami kepada dunia," ujar Naushad.

Naushad juga menegaskan Guinness World Records telah mengukur roti itu sepanjang 6.500 meter, tetapi untuk konfirmasi tentang panjang pastinya masih menunggu.

"Kami memastikan kebersihan dan rasanya sesuai dengan standar," sambungnya.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat Roti ala India

India terkenal dengan kulinernya, salah satunya roti prata. Roti prata merupakan makanan khas india yang berbentuk mirip dengan roti maryam. Umumnya roti ini di makan bersama dengan kari, gulai, atau susu. Berikut cara membuatnya seperti dilansir recipes.wikia.com.

Bahan :

3 cangkir Tepung terigu

5 sdm. minyak samin atau margarin

1 sdm. gula

1 sdt. garam

1 cangkir air atau susu hangat

3-6 sdm. minyak untuk melapisi dan memasak

3 dari 3 halaman

Cara Membuat

1. Campurkan tepung terigu, garam, dan air hangat, uleni hingga rata.

2. Tambahkan minyak samin, uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket.

3. Bentuk bulatan sebanyak 8 buah, kemudian rendam dalam minyak.

4. Diamkan selama 1 jam. Ambil dua buah adonan, tarik panjang, gilas seperti membuat martabak telur.

5. Goreng dengan wajan datar hingga kuning keemasan, angkat, dan geprek. Hidangkan panas-panas bersama kari atau dengan susu. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.