Serba-serbi Kulit Wajah Glowing yang Banyak Jadi Incaran Kaum Hawa

Oleh Putu Elmira pada 17 Jan 2020, 12:01 WIB
Diperbarui 17 Jan 2020, 12:01 WIB
[Fimela] Awet Muda

Liputan6.com, Jakarta - Produk-produk skincare saat ini hadir dengan beragam inovasi. Para penggunanya pun dapat memilih produk yang disesuaikan jenis kulit dan hasil yang diinginkan, seperti kulit wajah terlihat glowing.

Menurut dr. Indah Widyasari, SpKK, kulit wajah glowing saat ini telah menjadi tren dan kebanyakan pasiennya yang dahulu ingin putih kini beralih ke glowing seperti dengan memakai makeup minimalis, namun kulit wajah terlihat sehat.

Indah melanjutkan glowing adalah ciri dari kulit yang sehat. Secara harfiah, glowing itu bersinar, bercahaya layaknya cermin dengan permukaan halus, rata, di mana cahaya dipantul dengan baik dan cermin pun sama dengan kulit.

"Secara keseluruhan iitu kulit cerah, tone warna rata, kalau dipegang lembap, halus, kenyal, elastis, tampilan awet muda bercahaya," kata Indah saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis, 16 Januari 2020.

Lantas, bagaimana kulit glowing dari segi medis? "Penilaian klinis atau luar itu cerah, punya indeks tertentu dari sebumnya, hidrasi baik apa nggak, ada parameter khusus untuk keperluan medis," tambahnya.

Kulit, dikatakan Indah, merupakan organ yang istimewa karena paling luar dan akan terkena lebih dahulu mulai dari paparan sinar UV yang sangat tinggi. Dampaknya lebih dahulu ke kulit.

"(Perawatan kulit) sangat penting karena kalau kulit kita terpapar radikal bebas UV, polusi itu merangsang radikal bebas dengan efek merusak barrier kulit paling atas, merangsang melanin berlebih, dark sport, dan struktur kolagen," kata Indah.

Maka dari itu, merawat kulit minimal dengan membersihkan, melembapkan lewat proteksi dan pemakaian suncreen minimal SPF 30. Pengaplikasian ini akan lebih baik untuk mencegah proses radikal bebas, kolagen dan barrier lebih baik.

 
2 dari 3 halaman

Tips Punya Kulit Wajah Glowing

[Fimela] Masker wajah
Ilustrasi masker wajah | unsplash.com

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pemakaian skincare, perawatan rutin harus diterapkan. Bahkan, dianjurkan untuk perawatan sedini mungkin saat masih remaja.

"Caranya minimal membersihkan wajah dari kotoran, minyak, makeup. Lalu hidrasi dan melembapkan sesuai tipe kulit karena polusi dan radikal bebas dapat merusak kelembapan alami kulit," ungkap Indah.

Salah satu langkah penting adalah dengan pemakaian sunscreen minimal SPF 30. Hal ini tak hanya cegah penuaan, tetapi juga mencegah kanker kulit.

"Selain perawatan juga lifestyle dengan olahraga yang baik, minum air putih yang banyak karena kulit dapat kelembapan bukan hanya dari pelembap, tetapi juga dari air yang kita minum," tambahnya.

Tips lain adalah tidur yang cukup untuk sirkulasi darah yang baik. Manajemen stres pun tak kalah penting, karena hormon yang tidak baik berdampak ke kulit dan secara keseluruhan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓