Sukses

Bak Kantung Ajaib, Perpustakaan di London Bisa Pinjamkan Barang Apa pun yang Anda Butuhkan

Anda bisa menghemat dana sekaligus lebih ramah lingkungan dengan menjadi anggota perpustakaan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Perpustakaan umumnya hanya meminjamkan buku. Namun, salah satu perpustakaan di London ini justru bisa meminjamkan hampir semua barang yang Anda butuhkan. Barang-barang yang Anda perlukan sehari-hari, seperti pemotong rumput, teleskop, tangga, pemanggang untuk wafel atau bor listrik dapat Anda pinjam di perpustakaan ini.

Dikutip laman libraryofthings.co.uk, Selasa, 14 Januari 2020, ide perpustakaan ini muncul dari tiga teman baik yang terinspirasi oleh usaha serupa di Berlin dan Toronto. Mereka menguji coba membuka perpustakaan ini di daerah London Selatan selama dua tahun.

Inisiatif mereka berkembang. Perpustakaan menyediakan lebih dari 400 benda dari dua kontainer pengiriman. Selama 18 bulan, mereka bahkan mampu mendapatkan peminjam lebih dari 1000 orang dalam waktu kurang dari dua tahun.

Kegiatan yang mereka bangun dipandang positif. Bahkan, penduduk setempat menjadi sukarelawan dan membentuk tim untuk membantu. Beralamat di Upper Norwood Library Hub, 39-41 Westow Hill, perpustakaan ini berkembang lebih independen dengan bantuan crowd funding, yaitu usaha pendanaan yang dikumpulkan dari masyarakat umum.

Banyaknya barang yang bisa dipinjam dan proses peminjamannya pun mudah membuat perpustakaan banjir peminat. Anda hanya perlu mendaftar menjadi anggota laman www.libraryofthings.co.uk jika ingin meminjam barang. Untuk memastikan barang yang ingin Anda pinjam tersedia, di laman tersebut juga terdapat gambar dan informasi ketersediaan barang hingga harga sewanya.

Selain membantu dalam pekerjaan sehari-hari, kehadiran perpustakaan ini juga bisa membuat Anda lebih hemat karena Anda bisa menekan bujet untuk barang-barang yang Anda butuhkan. Apalagi, jika pemakaiannya hanya sesekali dan tidak terlalu sering.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Ramah Lingkungan

Dengan moto 'Meminjam lebih baik daripada membeli', Library of Things London punya misi lain selain meringankan kebutuhan masyakat sekitar dan membantu orang-orang yang kurang mampu untuk dapat meminjam peralatan.

Tiga misi yang diungkapkan Library of Things di laman resminya, yaitu terjangkau dan nyaman bagi siapa saja, bermanfaat bagi komunitas dan ramah lingkungan. Misi utamanya ialah memaksimalkan penggunaan bersama dan membatasi konsumsi.

Selain menerapkan konsep hidup berkelanjutan, dikutip dari Indiatimes.com, Selasa, 14 Januari 2020, pengguna perpustakaan telah menghemat 16.000 kilogram sampah dengan meminjam daripada membeli barang baru.

Tim yang bertanggung jawab atas London Library of Things juga gencar mempromosikan lebih banyak perpustakaan semacam itu di wilayah sekitar. Perpustakaan ini rencananya akan mengembangkan sembilan cabang baru di London pada 2021 dan merangkul perpustakaan lain atau perumahan untuk bekerja sama. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.