Lulu Tobing Pamer Keindahan Panorama Alam Jatiluwih Bali

Oleh Komarudin pada 10 Jan 2020, 11:04 WIB
Diperbarui 10 Jan 2020, 12:16 WIB
Jatiluwih

Liputan6.com, Jakarta - Keindahan Bali selalu memesona para wisatawan, tak hanya domestik tapi juga mancanegara. Panorama alam Bali yang indah juga memesona Lulu Tobing.

Dalam unggahan terbaru, Lulu Tobing memamerkan salah satu potret keindahan Bali, yaitu Jatiluwih Rice Terrace. Dari potret itu tampak alam yang menghijau dengan gunung yang menjulang.

Sejauh mata memandang kedamaian tampak terlihat dari potret itu. Sawah yang menghijau dengan berbagai pepohonan yang tumbuh di kawasan tersebut.

"#fromwhereisit 💚," tulis Lulu sebagai keterangan foto, Kamis, 9 Januari 2020.

Unggahan Lulu Tobing itu menarik perhatian beberapa warganet. Mereka menanyakan di mana lokasi potret yang Lulu pamerkan dalam akun Instagram pribadinya itu.

"Ini dimana?bagus ya," tanya seorang warganet. "kyk nya sih jatiluwih pak," jawab seorang warganet.

2 dari 3 halaman

Situs Warisan Dunia

Subak di Bali
Teras sawah Jatiluwih di Bali. (Creative Commons)

Jatiluwih terletak di dataran tinggi Kabupaten Tabanan. Kawasan tersebut berada di dekat gunung berapi kedua tertinggi di Bali, yaitu Gunung Batukaru.

Kondisi itu yang membuat Jatiluwih memiliki kontur tanah berbukit yang subur. Jatiluwih menjadi landmark sawar terbesar di Bali, karena kawasan seluas 20 kilometer persegi itu masih merupakan areal persawahan, seperti dilansir dari Bali.com.

Jatiluwih identik dengan sistem air yang dijalankan penduduk setempat sejak abad ke-11. Sistem air tersebut dikenal dengan nama subak.

Subak jadi salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO yang diputuskan saat pertemuan sidang di Saint Petersburg, Rusia, pada 2012. Pada 2017 lalu, mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sempat mengunjungi kawasan itu.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Lanjutkan Membaca ↓