Sukses

Daftar 10 Negara Terbaik untuk Pensiun, Adakah Indonesia?

Portugal jadi salah satu negara terbaik untuk pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - Portugal kembali jadi salah satu negara terbaik untuk pensiun. Dari 10 negara, Portugal mendapat peringkat terbaik. Hal tersebut berdasarkan survei tahunan International Living, seperti dilansir AsiaOne dari AFP, Senin, 6 Januari 2020.

Beberapa kriteria yang diperhitungkan dari survei tersebut di antaranya biaya hidup, sistem perawatan kesehatan, kemudahan mendirikan tempat tinggal. Beberapa kriteria tersebut untuk menentukan 10 tujuan pensiun terbaik di seluruh dunia.

Pada saat dampak perubahan demografi, pada masa depan pensiun menjadi berita utama di banyak wilayah di seluruh dunia. Survei baru panduan online Amerika, International Living telah menetapkan daftar tempat terbaik untuk menghabiskan masa tua Anda dalam keadaan yang menyenangkan.

Portugal menempati peringkat pertama untuk 2020, terutama berkat sistem perawatan kesehatannya dengan skor 98 dari 100. Selain itu, biaya hidup yang sangat masuk akal di negara itu, merupakan salah satu yang terendah dari 10 besar.

Sementara itu, Kosta Rika, Panama, dan Meksiko juga masih merupakan tempat yang aman bagi mereka yang ingin menikmati hidup setelah karier yang panjang.

Perancis] menempati peringkat terbaik kesembilan untuk pensiun di atas Vietnam. Biaya hidup di metropolitan Perancis adalah yang paling mahal di antara 10 negara teratas. Tapi fakta bahwa skornya sangat baik di seluruh jenjang kriteria yang memungkinkannya muncul di peringkat di bawah Spanyol. Meski begitu, kehidupan di Perancis lebih murah daripada di Amerika Serikat, menurut Global Retirement Index 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikut 10 Negara Terbaik untuk Pensiun

1. Portugal

2. Panama

3. Kosta Rika

4. Meksiko

5. Kolumbia

6. Ekuador

7. Malaysia

8. Spanyol

9. Perancis

10. Vietnam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.