Aktor Billy Porter Kembali Kenakan Gaun Saat Tampil di Karpet Merah Golden Globe 2020

Oleh Dinny Mutiah pada 06 Jan 2020, 11:01 WIB
Diperbarui 06 Jan 2020, 11:01 WIB
Aktor Billy Porter Kembali Kenakan Gaun Saat Tampil di Karpet Merah Golden Globe 2020
Perbesar
Billy Porter kenakan gaun berdetail bulu-bulu dan kristal swarovski saat menghadiri acara Golden Globe 2020. (FRAZER HARRISON / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Billy Porter kembali memakai gaun saat tampil di karpet merah. Kali ini, ia mengenakan gaun tuksedo berwarna putih yang dihiasi bulu-bulu saat menghadiri malam puncak Golden Globe 2020.

Rancangan Alex Vinash tersebut dibuat selama tiga bulan, lebih dari 465 jam. Gaun Porter yang dinominasikan sebagai aktor terbaik atas perannya dalam serial "Pose" itu memiliki detail bulu-bulu pada ekor gaun sepanjang 14 yard yang dipercantik dengan 4.000 kristal swarovski.

Ekor gaun yang sebenarnya bisa dilepas tersebut memiliki panjang 14 yard. Dengan panjang demikian, tak heran bila seorang staf lelaki membantu memegangi ekor gaun tersebut saat berjalan di karpet merah.

Didandani stylist Sam Ratelle, Billy Porter memadukan gaun tersebut dengan satu set perhiasan berlian 40 karat dari Tiffany and Co. Kalung, bros berbentuk capung, dan sejumlah cincin itu ditaksir berharga 2 juta dolar AS atau setara lebih dari Rp27 miliar.

"Ini bukan busana untuk duduk, tetapi ini busana untuk berdiri," ujar Porter saat berpose di karpet merah.

Porter tak sembarang memilih warna untuk busananya malam itu. Aktor berkebangsaan Amerika Serikat tersebut menerangkan warna putih dipilih sebagai simbol kedamaian, harapan, dan awal baru. Pilihan warna yang sesuai mengingat Golden Globe diselenggarakan pada awal tahun.

"Sangat menarik mengingat orang-orang sekarang selalu mengharapkan Billy mengenakan gaun, sehingga kami bersenang-senang mencari cara bagaimana membuat pakaian lelaki menjadi benar-benar menawan serta fantastik serta mewah seperti busana wanita," kata Ratelle, dikutip dari Hollywood Reporter, Senin (6/1/2020).

 
2 dari 3 halaman

Makna Bros Capung

Aktor Billy Porter Kembali Kenakan Gaun Saat Tampil di Karpet Merah Golden Globe 2020
Perbesar
Billy Porter kenakan gaun berdetail bulu-bulu dan kristal swarovski saat menghadiri acara Golden Globe 2020. (VALERIE MACON / AFP)

Penampilan perdana Porter mengenakan gaun adalah saat ia menghadiri ajang Oscar pada Februari 2018 lalu. Saat itu, ia mengenakan ballgown dengan atasan model tuksedo berwarna hitam, lengkap dengan jaket dan dasi kupu-kupu rancangan Christiani Siriano.

Kali ini, Porter mengganti dasi kupu-kupu dengan kalung berlian. Ratelle berkata, "Bila Anda tak mengenakan dasi, berarti harus mengenakan berlian. Karena itu, kalung tersebut dipakai di dalam kemeja seolah-olah menjadi dasi. Pendekatan ini membuatnya terlihat lebih maskulin sekaligus sangat rock n roll. Dia ingin terlihat seperti bintang rock."

Selain kalung, Porter juga mengenakan bros senilai 46.500 dolar AS atau Rp649 juta. Bros tersebut bermakna spesial bagi aktor kelahiran 21 September 1969 tersebut. Menurut Ratelle, capung menyimbolkan perubahan, transformasi, kemampuan beradaptasi, dan kesadaran diri.

Porter juga mengenakan sepatu satin yang dibuat khusus oleh desainer Sandra Choi dari rumah mode Jimmy Choo. Ia melengkapinya dengan kacamata Mercura dan tas tangan kotak dari brand Emm Kuo.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓