Tips Menlu Retno Marsudi Sukses Turunkan Berat Badan 11 Kg

Oleh Henry pada 05 Jan 2020, 20:02 WIB
Diperbarui 05 Jan 2020, 20:02 WIB
Retno Marsudi
Perbesar
Menlu Retno Marsudi (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Menurunkan berat badan dan punya tubuh yang lebih langsing bukan usaha yang mudah bagi mereka yang punya banyak kesibukan. Namun, anggapan itu ditepis oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi.

Meski punya kegiatan super padat, ia bisa menurunkan berat badan sampai 11 kilogram. Anda mungkin bisa mengikuti tips menurunkan badan yang dilakukan Retno. Sebagai menteri luar negeri, tentunya Retno Marsudi menghadapi rentetan aktivitas yang banyak.

Dalam menjalani kegiatannya, menteri luar negeri yang dua kali menjabat ini menjalankan pola makan tertentu. Hal tersebut dilakukan agar tubuhnya jauh lebih sehat lagi untuk menjalani hidup di tahun baru.

Rupanya pola makan yang dijalani oleh Retno Marsudi juga berhasil menurunkan bobot tubuhnya.  Meski berat badan turun drastis, Retno tak terlihat sayu atau kurang energi bahkan tetap gesit. Apa rahasianya?

Melalui akun Instagram pribadinya baru-baru ini, wanita kelahiran 57 tahun itu membagikan tips pola makan yang membuat tubuhnya menjadi langsing dan terlihat lebih bugar. Dalam unggahannya itu, Retno Marsudi juga memperlihatkan perubahan tubuhnya sebelum dan sesudah menjalani pola makan.

"Menuju lebih sehat di tahun 2020. Olahraga yang rutin, menjaga pemasukan makanan, tanpa karbohidrat, tanpa makanan berlemak, tanpa kandungan gula," tulisnya dalam keterangan foto.

Retno juga mengatakan bahwa ia telah menjalani pola makan tersebut selama delapan bulan yang lalu. Dengan keinginan dan komitmen yang kuat, Retno pun mendapatkan hasil yang sempurna dengan berhasil memangkas bobotnya hingga 11 kg.

Keberhasilannya dalam menurunkan berat badan membuat Retno mengajak warganet untuk menerapkan pola makan yang yang sehat seperti dirinya.

2 dari 3 halaman

Tetap Sehat dan Bugar

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Perbesar
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, sebelum dan sesudah turun berat badan sampai 11 kg. (dok.Instagram @retno_marsudi/https://www.instagram.com/p/B5xlr8bgFtl/Henry)

Maka bisa dibuktikan di usianya yang nyaris kelapa enam, Retno Marsudi tetap terlihat sehat, bugar, dan awet muda dengan tubuh yang lebih langsing.

Unggahan Retno pada beberapa waktu lalu juga membuat warganet menjadi kagum dan terinspirasi. Banyak pujian membanjiri kolom komentarnya.

"anda luar biasa.. tak banyak orang yg berani menantang dirinya sendiri agar disiplin dengan goalnya.. s3lamat sista," tulis pemilik akun @azhardoang.

"Salut bu, makanya makin kesini saya lihat ibu kok lebih fresh, lincah dan tambah modis, padahal rutinitas seabreg yang butuh energi terkuras, tapi ibu bisa menampik itu semua," puji akun @srihanizar.

Para warganet yang jadi follower Instagram Retno makin kagum. Karena ibu Menlu ini juga dikenal suka wisata kuliner.

Dari mencicipi pecel pitik dan sego cawuk di Banyuwangi sampai beragam makanan Sunda, jajanan pasar dan makanan tradisional lain yang kerap ia unggah di media sosial. Anda tertarik menjalani pola hidup sehat ala Menlu Retno Marsudi?

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓