Sukses

8 Konsep Populer Menata Ruang Makan, Bikin Anda Betah di Rumah

Ruang makan yang betah bikin kebersamaan antaranggota keluarga bisa makin rekat. Anda percaya?

Liputan6.com, Jakarta - Makan bersama keluarga adalah momen yang bisa diciptakan di mana pun, termasuk di dalam rumah. Namun, supaya lebih betah, tak cukup hanya menghidangkan makanan lezat, tetapi juga ruang yang nyaman.

Menyulap ruang makan jadi lebih nyaman terbilang susah-susah-gampang. Berdekatan dengan dapur kerap membuat ruang makan lebih mudah berantakan bila tak diatur sebagaimana mestinya.

Jika Anda mempunyai kelebihan taman di belakang rumah, tidak ada salahnya mewujudkan ruang makan outdoor. Di samping itu, desain ruang makan perlu diperhatikan agar mood Anda dan keluarga tetap terjaga ketika makan bersama.

Selain itu, rancangan paras ruang makan bisa disesuaikan dengan desain rumah. Misal, ruang makan industrial, ruang makan modern, ruang makan minimalis, atau ruang makan tradisional.

Jadi, seperti apa gaya ruang makan yang cocok untuk Anda dan keluarga? Berikut Arsitag merekomendasikan sederet gaya ruang makan populer.

1. Ruang Makan Modern

Gaya desain modern banyak digunakan pada rumah-rumah masa kini karena tampilan dan strukturnya sesuai kepribadian era modern. Saat menerapkan gaya modern pada ruang makan, secara otomatis memperlihatkan tampilan elegan.

 

2. Ruang Makan Industrial

Gaya industrial cenderung menggunakan material besi, beton, dan bahan ekspos, seperti semen, juga bata ekspos. Dalam artian lain, segala seuatu terlihat unfinished.

Cukup mudah jika Anda ingin mendesain ruang makan industrial. Gunakan pula meja dan kursi kayu yang dibuat tanpa finishing sempurna.

3. Ruang Makan Minimalis

Sama seperti namanya, ruang makan minimalis cenderung menggunakan ornamen dan dekorasi seminimal mungkin. Selain itu, bentuk meja dan kursi dengan tampilan sederhana tanpa banyak hiasan juga jadi penyempurna look.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Ruang Makan Skandinavia

Penggunaan material kayu berwarna cokelat muda terang sangat cocok untuk desain ruang makan Skandinavia. Jika ingin mewujudkan ruang makan Skandinavia, perbanyak elemen kayu dan penggunaan warna cerah dengan dasar warna putih.

 

 

5. Ruang Makan Klasik

Jika menginginkan ruang makan dengan suasana fancy dan elegan, pilihlah desain ruang makan klasik. Desain klasik mengarah pada rumah-rumah Eropa di abad pertengahan. Akan tambah menarik bila diberi sedikit sentuhan modern.

 

 

3 dari 3 halaman

6. Ruang Makan Tradisional

Untuk menciptakan kesan tradisional pada ruang makan, Anda bisa menggunakan meja dan kursi makan dilengkapi ukiran-ukiran tradisional. Agar nuansanya lebih autentik, gunakan keramik dengan motif jadul.

7. Ruang Makan Kontemporer

Karakter khas dari ruang makan kontemporer adalah penggunaan desain dan bentuk-bentuk yang futuristik. Akibatnya, desain interior kontemporer akan memberikan kesan jauh lebih modern, timeless, bahkan seolah maju ke masa depan. 

8. Ruang Makan Tropis

Memanfaatkan keunikan udara tropis yang cukup panas, namun memiliki angin sepoi-sepoi, ruang makan tropis paling cocok diletakkan di area semi outdoor. Rotan yang dapat memberi sedikit sentuhan tradisional, serta nuansa olahan hasil alam hutan hujan tropis jadi material paling cocok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.