Sukses

6 Makanan yang Wajib Distok di Musim Hujan

Ada baiknya menyiapkan makanan untuk stok musim hujan atau saat banjir, terutama yang bisa dikonsumsi kapanpun tanpa harus keluar rumah.

Liputan6.com, Jakarta - D musim hujan seperti sekarang ini, penting untuk menyiapkan stok makanan. Terlebih jika Anda tinggal di daerah rawan banjir, biasanya akan kesulitan membeli makanan maupun bahan makanan.

Karena itu ada baiknya menyimpan makanan maupun bahan makanan yang praktis, mudah diolah, dan mengenyangkan. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan ini barulah permulaan. 

Musim hujan memasuki puncaknya di pertengahan Januari sampai awal Maret 2020. Untuk itu, kalau wilayah rumah Anda termasuk rawan banjir, ada baiknya menyiapkan makanan untuk stok musim hujan atau saat banjir. Semuanya bisa dikonsumsi kapanpun tanpa harus keluar rumah.

Dilansir dari beragam sumber, berikut enam makanan dan bahan makanan yang perlu ada di dapur selama musim hujan.

1. Mi instan

Mi instan merupakan makanan untuk stok musim hujan paling populer dan diminati. Mudah dibuat dan rasanya akrab di lidah, mi instan punya pilihan berbagai macam rasa. Anda pun tidak akan bosan jika harus sering menyantapnya.

Beli mi instan bisa sekaligus banyak sebab masa simpannya lama. Saat ingin mengolahnya, jadikan mi instan lebih bernutrisi dengan tambahan sayuran atau telur.

2. Aneka lauk kering

Aneka lauk kering seperti kering tempe, kering kacang teri, kentang goreng, hingga abon bisa jadi pilihan tepat saat musim hujan. Saat sulit membeli bahan makanan, Anda tak perlu repot masak lauk sebagai pendamping nasi.

Semua lauk kering tersebut bisa disantap tanpa diolah terlebih dulu. Selain itu, ada juga rendang kering yang bisa distok. Meski harganya agak lebih mahal, rendang kering termasuk awet masa simpannya, mengenyangkan dan rasanya tetap enak meski sudah disimpan lama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Telur

Telur adalah lauk utama atau pelengkap favorit banyak orang karena gurih enak rasanya. Selain mudah didapat dan terjangkau, telur bisa dikreasikan menjadi beragam menu, baik itu digoreng atau sekadar direbus.

Telur juga baik untuk kesehatan karena merupakan sumber protein. Untuk menyimpannya, telur tak harus dimasukkan ke dalam kulkas. Anda bisa menyimpannya di dapur tanpa harus ditutup.

4. Buah dan sayuran

Buah dan sayur penting dijadikan makanan untuk stok musim hujan. Anda tetap membutuhkan asupan serat dalam buah dan sayuran. Tentunya Anda harus memilih buah dan sayur yang masa simpannya bisa lebih lama.

Salak, nanas, pepaya, manggis atau melon yang belum dikupas, bisa jadi pilihan. Buah-buahan ini bisa awet disimpan meski tidak dimasukkan dalam kulkas.

3 dari 3 halaman

5. Biskuit

Untuk camilan, Anda bisa mengandalkan biskuit. Makanan ringan ini tersedia dalam aneka rasa, mudah dijumpai dan harganya bervariasi. Ada yang polos, berlapis gula, bertabur abon, dan banyak lainnya.

Tak ada salahnya membeli beberapa bungkus biscuit sebagai stok di musim hujan. Menyantap biskuit bisa jadi pengganjal lapar atau teman menikmati minuman hangat.

6. Makanan kalengan

Makanan kalengan berupa ikan, daging kornet, sayuran, bumbu siap pakai bisa jadi pilihan aman dan praktis untuk stok bahan makanan maupun makanan. Beberapa dari makanan kalengan tersebut sudah matang dan siap dimakan baik dalam keadaan dingin atau dihangatkan kembali.

Makanan kalengan juga bisa diolah sebentar sebelum dikonsumsi. Secara nutrisi makanan kalengan lebih baik kualitasnya karena diproses secara higienis dan dilengkapi dengan proses sterilisasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.