Simak Tren Kebugaran di 2020 agar Tubuh Tetap Bugar

Oleh Putu Elmira pada 03 Jan 2020, 07:01 WIB
Diperbarui 03 Jan 2020, 07:01 WIB
Ilustrasi. (dok. Juan Pablo Rodriguez/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh ideal dan sehat bisa jadi masuk resolusi baru Anda di 2020. Memulai gaya hidup yang lebih sehat sebaiknya mulai dijalankan di awal tahun baru karena semangat yang masih menggebu-gebu.

Badan yang bugar dengan bentuk tubuh impian di 2020 bisa mulai Anda wujudkan. Banyak kegiatan yang menguras keringat dan seru yang dapat Anda coba, mulai dari yang memakai teknologi canggih atau yoga.

Dilansir dari CNN, Kamis, 2 Januari 2020, ada lima tren kebugaran jasmani yang dapat Anda ikuti di tahun 2020. Apa saja? Simak rangkuman lengkapnya berikut ini.

1. Kebugaran Jasmani Berdasarkan DNA

Tak asal hanya berlari dan berkeringat, pada 2020 memakai DNA untuk kebugaran jasmani akan menjadi tren. Susunan unik DNA atau genetik setiap orang yang dibawa sejak lahir membuat kebutuhan untuk aktivitas jasmani dan metabolisme setiap orang juga berbeda-beda.

Hal ini juga berdampak pada respons tubuh terhadap latihan kebugarannya, mungkin ada sebagian orang yang lebih cocok untuk kegiatan jasmani yang mengandalkan ketahanan dan sebagian lagi mungkin lebih cocok olahraga yang mengandalkan kekuatan.

Lewat program kebugaran jasmani yang telah dirilis oleh DNAcode lewat DNA Test Kit yang dirilis awal tahun 2020 ini, Anda sekarang bisa mengetahui jenis aktivitas kebugaran yang dibutuhkan dan efisien untuk tubuh Anda.

Menggunakan air liur sebagai alat tes DNA, Anda juga bisa mengetahui program diet yang cocok untuk tubuh Anda dan mengurangi risiko terkena cedera. Biasanya, tes DNA dilakukan oleh atlet pro untuk memaksimalkan latihan serta asupan mereka.

2 dari 6 halaman

2. Yoga

Ilustrasi. (dok. Jared Rice/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi. (dok. Jared Rice/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Selain kegiatan olahraga fisik yang menguras keringat, Anda juga perlu seimbang dalam kegiatan yang menyentuh spiritual Anda. Yoga menjadi salah satu aktivitas kebugaran jasmani yang tetap akan jadi tren di 2020.

Pada masyarakat kota, tingkat stres mempengaruhi kebutuhan untuk pengelolaan pikiran dan penguatan spiritual. Aneka yoga juga beragam, dan seiring berjalan waktu tren ini juga perputar seperti yoga HIIT, yoga aerial, dan yoga akro.

Fokus yoga memang pada pembakaran lemak dan perbaikan aspek spiritual. Salah satu jenis yoga yang tak kalah populer adalah yoga Ayurvedic. Yoga dan praktik kesehatan Ayurvedic ini merupakan sistem holistik India kuno.

Yoga ini juga didasarkan pada kepentingan kesehatan melibatkan keseimbangan halus antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Selain beryoga, makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda juga berpengaruh pada pola hidup dan kesehatan tubuh.

3 dari 6 halaman

3. Gaya Baru untuk Kebugaran

Ilustrasi. (dok. Kelly Sikkema/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi. (dok. Kelly Sikkema/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Selain teknologi tes DNA, teknologi kebugaran yang satu ini juga akan menghiasi pergelangan tangan Anda. Perangkat pada jam tangan semakin canggih, karena permintaan pasar kini jam tangan seperti Fitbit Versa 2 dilengkapi berbagai fitur.

Fitur pada jam tangan canggih di antaranya adalah statistik tubuh Anda sehari-hari, seperti detak jantung sampai kalori yang terbuang saat Anda beraktivitas. Untuk perempuan, pada jam tangan ini juga akan menunjukkan tentang periode menstruasi dan melacak siklusnya serta mengukur ovulasi Anda.

Anda akan semakin dimudahkan mengetahui kebugaran diri Anda hanya dengan melihat ke pergelangan tangan Anda, bukan hanya untuk mode dan penunjuk waktu, jam ini juga dilengkapi fitur hiburan seperti pemutaran musik.

4 dari 6 halaman

4. Latihan Bersama

Ilustrasi. (dok. Bruce Mars/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi. (dok. Bruce Mars/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Meski kecanggihan teknologi tak bisa dihindari lagi, kebersamaan dalam berolahraga selalu punya suasana sendiri yang lebih mengasyikkan. Kegiatan kebugaran seperti lari bersama atau olahraga sepak bola dan basket tetap akan menjadi tren di 2020.

Berlatih secara berkelompok juga akan semakin meningkatkan motivasi Anda. Tak perlu mengeluarkan biaya yang besar seperti Anda mencoba tes DNA atau mendapatkan teknologi kebugaran jam tangan canggih, Anda juga akan mendapatkan momen kebersamaan dengan orang-orang terdekat Anda.

5 dari 6 halaman

5. Memakai Aplikasi

Ilustrasi. (dok. Quino Al/Unsplash/Adhita Diansyavira)
Ilustrasi. (dok. Quino Al/Unsplash/Adhita Diansyavira)

Sebagian besar aktivitas kita semakin dimudahkan dengan adanya smartphone, tak terkecuali aktifitas berolahraga untuk kebugaran jasmani Anda. Beberapa aplikasi untuk menunjang kegiatan olahraga Anda banyak Anda temukan di ponsel pintar Anda, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Aktivitas untuk mengukur jarak tempuh saat Anda berlari, kecepatan Anda, sampai kalori yang terbakar. Aplikasi ini juga termasuk pada tren kebugaran jasmani yang dapat Anda coba pada 2020. (Adhita Diansyavira)

6 dari 6 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓