Wisata Mewah, Terbang ke Anyer dan Bandung Naik Helikopter Sambut Tahun Baru

Oleh Dinny Mutiah pada 31 Des 2019, 16:03 WIB
Diperbarui 31 Des 2019, 16:03 WIB
Liburan Mewah, Terbang Berasa Naik Helikopter Pribadi
Perbesar
Helikopter Bell 505 milik Helicity untuk terbang wisata. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Tangerang Selatan - Bila menganggap liburan ke Bandung dan Anyer lewat jalur darat sudah biasa, Anda bisa mencoba pengalaman baru dengan menaiki helikopter. Harga spesial bahkan tersedia untuk menyambut Tahun Baru 2020.

Director of Marketing and Business Development Whitesky Aviation Ari Nurwanda menyebut BSD-Anyer menjadi rute terbaru yang dioperasikan Helicity pada akhir 2019. Durasi mengudara hanya sekitar 30-35 menit dengan titik pendaratan di Marina, Anyer. 

"Sebenarnya kita bisa daratkan di beberapa titik lain, tapi yang kita kerja sama saat ini dengan Marina Anyer," ujarnya ditemui di BSD City Heliport, Tangerang Selatan, Selasa (31/12/2019).

Helikopter yang digunakan untuk mengangkut penumpang tersebut adalah jenis Bell 505 JRX. Kapasitasnya maksimal empat penumpang dengan masing-masing diperbolehkan membawa bagasi antara 5-10 kilogram.

"Bila ada yang membawa barang lebih berat, kami akan atur untuk diangkut lebih awal melalui jalur darat. Ada extra charge untuk itu," tutur Ari dengan besaran mulai dari Rp500 ribu.

Anyer menjadi pilihan rute terbaru lantaran dinilai memiliki amenitas yang memadai. Di sisi lain, program tersebut diharapkan bisa membangkitkan kembali geliat pariwisata di pesisir Banten yang belakangan meredup.

"Di sana kan ada Pulau Sanghyang, ada Anak Krakatau juga. Kan pantai terdekat dari Jakarta kalau enggak Kepulauan Seribu, ya Anyer," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Minat dan Biaya

Liburan Mewah, Terbang Berasa Naik Helikopter Pribadi
Perbesar
Interior helikopter Bell 505 milik Helicity untuk terbang wisata. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Sementara itu, rute Jakarta-Bandung dengan helikopter sudah eksis lebih dulu, yakni mulai 2017. Titik penjemputan berlokasi di heliport Senayan Golf dengan titik tujuan pendaratan di Bandung berada di Dago Pakar.

Tersedia empat trip bolak-balik setiap harinya yang dimulai pada pukul 06.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.30 WIB. Durasinya berkisar 45 menit. "Kami tidak ada penerbangan malam," ujarnya.

Target utama untuk kedua rute tersebut adalah keluarga, tetapi tidak menutup kemungkinan dari korporat. "Kami ada perubahan market. Pada 2018 didominasi family, sementara 2019 justru didominasi korporat. Sekitar 60 persen," Ari menerangkan.

Khusus promo untuk rute Jakarta-Bandung dan Jakarta-Anyer, biaya sekali terbang mencapai Rp9 juta. Itu belum termasuk service charge heliport. "Kalau di-bundling totalnya sekitar Rp12-13 juta," ujarnya.

Ia menambahkan harga promo berlaku hingga 20 Januari 2020 yang bisa diperpanjang sesuai permintaan. "Sejauh ini yang request setiap hari ada enam sampai delapan," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓