Sukses

5 Tips Praktis untuk Menurunkan Berat Badan

Latihan fisik dengan bergerak sebetulnya lebih mudah mengurangi kalori dan menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Sebelumnya, ada baiknya Anda tahu kalau kebutuhan kalori ideal tiap orang maksimal adalah 2.000 kkal setiap hari.

Kalau berlebihan, tentunya akan disimpan menjadi lemak dan memicu obesitas serta penyakit. Untuk itu, tak ada salahnya mengurangi 100 kalori saja per hari

Hal ini sebenarnya bukan hal yang sulit. Namun selalu saja ada alasan seseorang sulit mengurangi berat badan, seperti tidak punya waktu pergi ke gym atau berolahraga. Melakukan diet dan mengonsumsi makanan sehat memang bagus, tap itu saja belum cukup.

Latihan fisik dengan bergerak sebetulnya lebih mudah mengurangi kalori. Dilansir dari Pink Villa, ada beberapa cara praktis dan sederhana untuk bisa menurunkan berat badan. Apa saja?

1. Mengajak Jalan Hewan Peliharaan

Dalam beberapa penelitian, pemilik hewan peliharaan, terutama pemilik anjing, lebih sehat karena dia sering mengajak anjingnya berjalan-jalan. Jika Anda berjalan 4 mil per jam, Anda akan membakar sekitar 100 kalori dalam waktu sekitar 18 menit.

2. Naik Tangga

Naik tangga daripada lift dan eskalator adalah salah satu cara termudah untuk membakar kalori. Sekitar 15 menit latihan naik tangga akan membantu Anda menghilangkan 100 kalori.

3. Lompat Tali

Melompat tali atau skipping adalah latihan yang sangat mudah, murah, dan tidak repot. Anda hanya perlu tali, ruang terbuka, dan sekitar 10 menit untuk menghilangkan kalori ekstra yang bisa menurunkan berat badan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Menari atau Zumba

Menari atau zumba adalah cara lain yang mudah dan menyenangkan untuk menghilangkan lemak ekstra. 15-20 menit tarian intensitas tinggi akan memacu metabolisme dan membakar kalori.

Anda bisa bergabung dengan kelas menari zumba agar lebih semangat untuk membakar kalori.

5. Lakukan Olahraga Favorit

Hal apapun yang kita senangi,maka akan mudah untuk dilakukan. Begitu pula dengan olahraga. Contohnya bulu tangkis, tenis, squash, bola voli dan bersepeda bisa menjadi latihan kardio yang intens dan membakar banyak kalori.

Beberapa menit saja berolahraga akan membakar 100 kalori dengan mudah. Jadi, jangan ada alasan lagi untuk tidak berolahraga secara rutin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.