Sukses

Yang Wajib Diperhatikan Saat Wisata Kuliner di Thamrin 10 Jakarta

Thamrin 10 Jakarta menempati lahan parkir di tengah kota Jakarta yang disulap menjadi surga kuliner.

Liputan6.com, Jakarta - Makin banyak tempat wisata komunal yang dibuka di Jakarta. Yang terbaru adalah Thamrin 10 yang berlokasi di bekas lahan parkir samping Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat 

Meski baru diresmikan pada Januari 2020 mendatang, tempat tersebut sudah banyak didatangi masyarakat sebagai tempat wisata kuliner baru. Kebanyakan hadir bersama keluarganya.

Dari pintu masuk, setelah disambut landmark bertulisan Thamrin 10, Anda langsung disuguhi jajaran kios makanan dan minuman dengan beragam cita rasa.  Ada yang mempertahankan konsep tradisional, ada pula menu fusion hingga rasa kekinian yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Dari ragam makanan Indonesia, Anda bisa menemukan banyak hal, seperti soto banjar, pempek palembang, sate padang, gudeg jogja sampai nasi bali. Kisaran harganya mulai dari Rp25 ribu sampai Rp40 ribuan. Meski begitu, pengunjung tak mengeluh.

Ida Hariasih, seorang pengunjung asal Cilandak, Jakarta Selatan, yang menyantap paket nasi gudeg. Ia merogoh kocek Rp38 ribu untuk nasi putih, gudeg, dan krecek. "Ya, lumayan sambil jalan-jalan sama keluarga, harganya juga nggak terlalu mahal," ujar Ida kepada Liputan6.com, Minggu, 29 Desember 2019.

 Jika tak ingin makan berat, anda bisa mencicipi makanan ringan yang tersaji. Ada pentol mercon, bakso bakar, serabi, atau pisang goreng yang dijual mulai Rp15 ribu per porsi.

Tak ketinggalan, Anda bisa menemui minuman tradisional seperti jamu atau olahan ubi, minuman segar seperti jus, es kelapa, dan es doger, atau kopi-kopi kekinian. Harganya beragam, seperti lemon tea atau susu Rp10 ribu dan aneka minuman kopi mulai dari Rp23 ribu.

Metode pembayaran di Thamrin 10 tidak menggunakan uang tunai, melainkan Anda harus membayar menggunakan katu Jakcard Linggo. Di sana tersedia tiga kasir untuk mengisi saldo. Anda yang belum punya kartu juga tak perlu khawatir karena bisa langsung membelinya di kasir dengan harga Rp20 ribu tanpa isi saldo.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bersih dan Ramah Disabilitas

Selain pilihan aneka pilihan hidangan yang bisa Anda cicip, keunggulan dari Thamrin 10 adalah kebersihan dan kenyamanan tempatnya. Anda akan betah duduk berlama-lama, walaupun di luar  ruangan. Kebersihan sekitar Thamrin 10 sangat terjaga, ditambah dengan beberapa petugas kebersihan yang selalu siap siaga di sekitar area.

Anda juga bisa memilih spot duduk untuk menikmati makanan Anda. Ada banyak tempat duduk, mulai dari yang seperti meja piknik, meja bundar dengan payung di tengahnya, atau Anda bisa juga naik ke tangga untuk menempati tempat duduk rooftop yang telah disediakan. Tak perlu khawatir jika hujan, karena beberapa spot seperti di antara kios-kios telah diberikan atap transparan. 

Fasilitas lainnya seperti toilet umum, tempat sampah dan wastafel untuk cuci tangan tak sulit untuk ditemui. Thamrin 10 juga menyediakan kamar mandi dengan fasilitas khusus penyandang disabilitas tersedia di samping kamar mandi untuk laki-laki dan perempuan, tak terkecuali.

Dengan lampu neon yang digantung di antara tempat duduk pengunjung, suasana cantik untuk berfoto di kala sore juga jadi daya tarik sendiri di Thamrin 10. Beberapa spot lain seperti rooftop untuk makan juga bisa jadi sudut baru untuk menghias akun sosial media Anda sambil menikmati aneka kuliner. Namun, Anda harus menyiapkan baterai cadangan untuk ponsel karena di tempat itu tak tersedia stop kontak. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.