Sukses

6 Rekomendasi Spot Instagramable di Sekitar Wisata Kota Tua

Sekitar kawasan Kota Tua memiliki deretan spot instagramable, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang pergantian tahun, wisata Kota Tua Jakarta semakin dipadati oleh wisatawan. Sebagai destinasi yang menyuguhkan nuansa tempo dulu, Kota Tua dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu berlibur Anda.

Selain sebagai wisata edukasi, kawasan Kota Tua menyajikan arsitektur yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa rekomendasi tempat di sekitar Kota Tua Jakarta yang bisa jadi spot foto dan membuat feed Instagram Anda kianapik dan kekinian.

1. Kumpulan Mesin Tik Jadul di Museum Bank Mandiri

Untuk Anda yang suka dengan gaya-gaya jadul dan bentuk estetik, spot kumpulan mesin tik di Museum Bank Mandiri bisa menjadi referensi untuk dikunjungi saat menghabiskan libur akhir tahun.

Berada di pojok kiri dari pintu masuk museum, spot ini terdiri dari kumpulan mesin tik tempo dulu. Selain mesin tik, ada pula telepon, mesin kasir, dan komputer lama.

Semua koleksi tersebut digantung pada tembok yang berwarna kuning. Anda dapat mempercantik feed Instagram dengan berfoto di spot yang kuno tetapi unik tersebut.

2. Kaca Patri di Museum Bank Mandiri

Terletak di lantai dua Museum Bank Mandiri, kaca patri menjadi daya tarik tersendiri. Kaca patri merupakan salah satu karya seni berwarna dan biasa digunakan sebagai pajangan pada masjid, gereja, dan bangunan lainnya.

Jika berkunjung ke museum ini, saat naik ke lantai dua, Anda akan disuguhkan keindahan dari kaca patri yang berwarna-warni. Kehadiran cahaya dari luar siap membantu Anda mendapatkan hasil foto siluet yang indah dan tentunya instragramable.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jembatan Kota Intan

Sedikit menjauh dari kawasan Kota Tua Jakarta, Anda akan menemukan jembatan unik yang satu ini. Jembatan yang diberi nama Jembatan Kota Intan ini berukuran lebih kurang 30 meter.

Jembatan ini memiliki bentuk yang sedikit terangkat dan terbuat dari kayu yang dilapisi dengan cat warna cokelat tua pada tiang dan cokelat muda pada alas jembatan. Dahulu, Jembatan Kota Intan digunakan sebagai pusat perdagangan dan pelayaran pada masa VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie).

Jembatan tersebut sempat mengalami beberapa kali perbaikan. Kini, Henny Purwonegoro menjadi objek wisata selfie yang menarik dikunjungi untuk mengisi liburan Anda.

4. Toko Merah

Toko Merah terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, lebih tepatnya di Jalan Kali Besar Barat No. 11, Tambora, Jakarta Barat. Dari kejauhan, Anda akan langsung melihat bangunan warna merah dengan jendela besar dan memanjang ke bawah.

"Saya sering lihat toko merah ini, cuma baru kali ini foto di sini waktu tadi lihat banyak yang foto juga. Tempatnya menarik sih," ujar Ina, salah satu pengunjung yang berfoto di Toko Merah ini.

Spot yang menjadi favorit pengunjung untuk berfoto ialah pada bagian pintu dan jendelanya. Dengan ukurannya yang cukup besar, kedua spot tersebut akan menambah cantik hasil foto Anda.

 
3 dari 3 halaman

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

Salah satu museum yang ada di kawasan Kota Tua Jakarta ialah Museum Seni Rupa dan Keramik. Selain menyajikan wisata edukasi, di museum ini terdapat beberapa koleksi peninggalan seni rupa dan keramik dari berbagi kota.

Sebelum memasuki museum, Anda akan melihat tiang warna putih yang berukuran besar. Beberapa pengunjung yang datang ke sana menjadikan spot tersebut sebagai media untuk berfoto ria. Dengan tiang-tiang tersebut, hasil foto Anda sekilas akan terlihat seperti sedang di Pantheon, Roma. Menarik bukan?

6. Taman Fatahillah

Taman Fatahillah berada di kawasan Kota Tua. Anda akan melihat sepeda warna-warni berjejer dan bangunan-bangunan bergaya tempo dulu yang mengelilinginya. Sebagai ikon wisata Kota Tua, Taman Fatahillah menjadi spot yang cocok untuk menambah stok foto instagramable Anda.

Anda dapat berfoto dengan mengendarai sepeda sambil mengelilingi kawasan tersebut. Selain itu, berbagai bangunan tua yang ada di sekelilingnya pun bisa menjadi spot yang menarik untuk dijadikan tempat ber-selfie. Tersedia pula sederet kafe yang menawarkan nuansa yang elegan dan bergaya tempo dulu. (Tri Ayu Lutfiani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.