Museum Mabuk Hadir di Kroasia, Apa Isinya?

Oleh Putu Elmira pada 27 Des 2019, 14:02 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 15:16 WIB
Museum of Hangovers

Liputan6.com, Jakarta - Setiap suasana selalu menciptakan cerita berbeda yang tak jarang penuh kesan. Hal ini pula yang turut dirasakan seorang mahasiswa di Zagreb, Kroasia bernama Rino Dubokovic ketika ia menikmati minuman bersama teman-teman.

Dilansir CNN, Jumat (27/12/2019), saat berkumpul ditemani minuman, Rino dan para kawannya mulai bertukar cerita soal mabuk paling lucu. Momen ini membuat ia terpikir sebuah ide.

"Beberapa koleksi di mana semua objek dari cerita mabuk akan diekspos bersama dengan cerita mereka," ungkap Rino Dubokovic.

Ide spontan itu ternyata membuahkan gagasan menarik. Enam bulan kemudian, di gedung sebelah tempat mabuk itu terjadi, dibangun museum yang bernama Museum of Hangovers.

Museum of Hangovers
Museum of Hangovers buka di Zagreb, Kroasia. (DENIS LOVROVIC / AFP)

Museum menampilkan pajangan benda-benda yang ditemukan secara misterius pada pagi hari setelah malamnya mabuk. Ada ruang di mana pengunjung dapat menguji refleks mereka setelah memakai "kacamata bir".

Terdapat juga bagian interaktif, di mana pengunjung dapat berbagi pengalaman mabuk terbaik dan terburuk yang pernah dialami. Toko oleh-oleh menawarkan permainan dan bar "drunkopoly" seperti anak panah.

Pria yang berasal dari Pulau Hvar ini menyebut kepada CNN Travel, tujuan museum bukanlah untuk mengagungkan kegemaran yang berlebihan. Justru sebaliknya, adalah sebagai representasi fisik dari jenis obrolan yang ia lakukan dengan teman-temannya. Di momen ini, semua orang berbagi cerita dan ikatan soal yang dilakukan di masa lalu.

2 dari 3 halaman

Tiket Masuk Museum of Hangovers

Museum of Hangovers
Rino Dubokovic, co-owner Museum of Hangovers yang buka di Zagreb, Kroasia. (DENIS LOVROVIC / AFP)

Museum of Hangovers berlokasi di Preradovićeva Street 8, 10000 Zagreb, Kroasia. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 11.00 hingga 23.00 dan tutup saat hari libur pada 24, 25, dan 31 Desember, serta 1 Januari 2020.

Harga tiket masuk museum untuk pengunjung dewasa sebesar 30 Norwegian krone atau setara Rp47 ribu, sedangkan untuk siswa dikenakan biaya 25 Norwegian krone atau setara Rp39 ribu.

"Di masa depan, kami ingin membuat orang sadar akan hal-hal buruk yang terkait dengan alkohol," kata Rino Dubokovic.

Museum of Hangovers telah dibuka pada 1 Desember 2019 dan tengah dalam konsep pengujian. Antusiasme yang besar pada museum ini membuat Rino berharap memperoleh dana tambahan untuk mengubah museum jadi perusahaan yang lebih besar dan permanen.

Museum of Hangovers bukan satu-satunya museum unik di Zagreb. Pada 2010, Kroasia menyambut Museum of Broken Relationships, yang didirikan oleh mantan pasangan yang mendorong pengunjung menyumbangkan benda-benda yang berkaitan dengan momen putus cinta mereka.

Koleksi museum ini mulai dari struk lecek hingga gaun pengantin yang ditinggalkan. Akhirnya, museum ini sangat sukses sehingga membuka lokasi kedua di Los Angeles, enam tahun kemudian.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓