Kacamata di Festival Gerhana Matahari Cincin di Siak Pecahkan Rekor MURI

Oleh Liputan6.com pada 27 Des 2019, 11:01 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 11:01 WIB
Festival Gerhana Matahari Cincin di Kabupaten Siak, Riau
Perbesar
Ilustrasi Festival Gerhana Matahari Cincin di Kabupaten Siak, Riau, 26 Desember 2019. (dok.Instagram @visitsiak/https://www.instagram.com/p/B3gYUhClfyw/Henry)

Siak - Sebagian wilayah Indonesia bisa mengamati Gerhana Matahari Cincin pada Kamis, 26 Desember 2019. Fenomena ini terjadi ketika Bulan berada segaris dengan Bumi dan Matahari.

Beberapa wilayah di Indonesia menggelar acara khusus dalam menyambut Gerhana Matahari Cincin (GMC), termasuk di Siak yang disebut-sebut paling ideal untuk melihat fenomena alam tersebut.

Mereka bahkan menggelar festival GMC yang berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Festival tersebut digelar di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau, dan memecahkan rekor berkat kacamata terbesar yang dicatat langsung oleh MURI.

"Saya mewakili Pak Jaya Suprana mengucapkan terima kasih. Merupakan suatu kehormatan bagi kami hadir di sini untuk mencatat rekor yang luar biasa yakni kacamata gerhana terbesar," ucap Manajer MURI, Ridho Al Amin di Kampung Bunsur, dilansir dari Antara.

Menurut dia, sebelumnya kacamata terbesar pernah tercatat di Palembang saat Gerhana Matahari Total pada 2016 silam. Ketika itu kacamatanya dengan ukuran panjang 990 sentimeter dan lebar 60 sentimeter .

Sementara itu, berdasarkan hasil ukurannya pada Gerhana Matahari Cincin di Siak, pada kacamatanya mencapai panjang 14 meter, lebar 1,5 dan tinggi 2 meter. Ini merupakan kacamata terbesar yang pernah dicatat oleh MURI.

 
2 dari 3 halaman

Promosi Pariwisata Siak

Gerhana Matahari Cincin di Kabupaten Siak, Riau.
Perbesar
Gerhana Matahari Cincin di Kabupaten Siak, Riau. foto: gerhanaindonesia.id

"Rekor diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Siak," ujar Ridho. Sedangkan Bupati Siak Alfedri menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada LAPAN pengamatan GMC di Bungsur ini mengunakan kacamata berukuran besar, dan ini memecahkan rekor MURI sebagai kacamata terbesar se-Indonesia bahkan Asia," tutur Alfedri.

Menurunya, Kabupaten Siak merupakan daerah tujuan wisata yang maju di Pulau Sumatera. Momen Festival GMC adalah bagian dari promosi pariwisata alam Kabupaten Siak.

Rangkaian acara GMC 2019, diawali dengan salat gerhana, dilanjutkan dengan pantauan GMC, serta penampilan artis Nissa Sabyan. Pemantauan GMC di Kampung Bunsur ini diperkirakan juga yang paling teramai dengan disaksikan lebih kurang 10 ribu orang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓