Sukses

6 Cara Praktis Kendalikan Berat Badan Selama Liburan

Terlalu bahagia, lupa dengan urusan kerjaan, liburan, hingga wisata kuliner membuat berat badan Anda akan bertambah tanpa disadari.

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang menikmati masa liburan Natal dan tahun baru? Momen libur di penghujung tahun ini memang acap kali dimanfaatkan untuk bersantai dan beristirahat sejenak dari beraga tugas maupun pekerjaan.

Sayang, masa-masa liburan sering kali memunculkan masalah berat badan. Terlalu bahagia, lupa dengan urusan kerjaan, liburan, lengkap dengan agenda wisata kuliner membuat berat badan bertambah tanpa disadari.

Dilansir dari Pop Sugar, Kamis, 26 Desember 2019, untuk mencegah hal seperti itu terjadi, ada beberapa langkah dan tips guna mengendalikan berat badan selama masa liburan.

1. Luangkan Waktu untuk Olahraga

Usahakan tetap gunakan waktu liburan untuk lebih banyak berolahraga. Coba gunakan hari libur dengan olahraga yang disukai, seperti berenang, bermain tenis, bersepeda, atau berlari.

2. Tetap Cek Timbangan

Jaga berat badan tetap stabil dengan rutin menimbang setiap hari selama liburan. Lakukanlah di pagi hari. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kontrol timbangan sering membantu upaya diet tetap pada jalurnya dan dapat membuat Anda lebih termotivasi.

3. Bikin Mocktail

Kalau Anda termasuk suka mengonsumsi minuman beralkohol, sebaiknya membuat minuman kreasi sendiri untuk menghindari alkohol selama liburan.

Itu karena alkohol akan meningkatkan berat badan dengan cepat. Buatlah mocktail sesekali dengan air soda bebas kalori dan buah, serta bahan herbal. Minuman itu akan lebih sehat bagi Anda.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Ganti Resep Favorit

Buatlah resep sajian dengan yang lebih sehat. Gunakan tepung gandum atau almond dalam makanan yang dipanggang. Lalu, ganti gula sebanyak sepertiga. Kurangi minyak atau mentega sampai setengah. Juga, ganti gula dengan madu atau saus apel.

5. Sarapan Seimbang

Jangan pernah melewatkan sarapan, lantaran bisa menahan godaan makan berlebih saat siang hari atau di acara tertentu yang menyuguhkan banyak makanan. Namun, bukan berarti sarapan harus dengan porsi banyak.

Sarapan dengan jumlah protein dan serat yang optimal bisa membantu mencegah rasa lapar dan keinginan ngemil sepanjang hari. Beberapa menu sarapan terbaik, termasuk telur rebus dan roti gandum, alpukat, serta yoghurt dengan buah segar atau beku. Bisa juga dengan menyantap pancake dilengkapi yogurt dan sedikit madu.

6. Istirahat Cukup

Disiplin tidur delapan jam setiap malam. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memicu hormon lapar dan mengemil. Satu penelitian melaporkan, perempuan yang kurang tidur bisa makan 329 kalori lebih banyak, dibanding ketika mereka tidur normal.

Meski terlalu banyak agenda selama perjalanan liburan, usahakan jangan tidur terlalu malam dan tetap utamakan waktu istirahat cukup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.