Tips Mencuci Kering Sepatu di Musim Penghujan

Oleh Dinny Mutiah pada 26 Des 2019, 04:03 WIB
Diperbarui 26 Des 2019, 14:15 WIB
Tips Mencuci Kering Sepatu di Musim Penghujan

Liputan6.com, Jakarta - Musim hujan datang. Sepatu yang Anda kenakan pun akan lebih cepat kotor dari biasanya.

Mencuci sepatu di musim penghujan seringkali mendatangkan dilema. Di satu sisi, sepatu tak akan cepat kering lantaran matahari lebih jarang nongol. Tapi, membiarkannya tak dicuci juga mengganggu penampilan.

Solusi untuk masalah itu adalah dengan mencuci kering sepatu. Banyak tempat yang kini menyediakan jasa laundry alas kaki dengan harga bervariasi. Biasanya di atas Rp50 ribu per pasang, bergantung tempat dan jenis sepatu yang dibersihkan.

Meski praktis, isi dompet Anda bisa terkuras bila terlalu sering menggunakan layanan ini. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mencuci kering sepatu sendiri di rumah.

Apalagi, sekarang banyak cairan pembersih sepatu lokal yang bisa dibeli di pasaran. Satu botol pembersih bisa Anda gunakan untuk mencuci kering sepatu berkali-kali.

Tapi, ada triknya agar cuci sepatu kering berhasil. Seorang petugas dari Flea Shop berbagi ilmu tentang hal itu kepada Liputan6.com saat ditemui di arena ICEFEST 2019, Kamis, 19 Desember 2019.

Pertama, siapkan sikat sepatu berbulu keras dan lap microfiber. Sikat berbulu keras hanya untuk diaplikasikan di outsole dan middle sol saja, sedangkan membersihkan bagian insole dan upper sole disarankan menggunakan sikat berbulu lembut, seperti sikat gigi bekas, dibantu dengan lap microfiber. Lap tersebut disarankan lantaran bisa menyerap kotoran lebih baik.

Menurut Fahmi, petugas tersebut, saat membersihkan bagian outsole dan middlesole, permukaan atas sepatu dilapisi oleh lap agar tidak kotor dan tergesek bulu sikat yang keras. Sebelumnya, semprotkan dulu cairan pembersih ke bagian sepatu yang hendak dicuci kering.

"Isi cairan pembersih hanya virgin coconut oil dan water," katanya.

2 dari 3 halaman

Jangan Dicuci Basah

Mencuci Kering Sepatu di Musim Hujan
Ilustrasi mencuci kering sepatu di musim hujan. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Bersihkan sedikit demi sedikit hingga seluruh permukaan midsole bersih. Hal yang sama juga diaplikasikan di permukaan outsole.

Berikutnya, barulah membersihkan bagian uppersole. Semprotkan cairan pembersih ke bagian yang hendak dicuci kering. Selanjutkan, sikat searah, yakni dari atas ke bawah. Khususnya pada sepatu berbahan suede, arah gosok benar bila bulu sepatu tidur.

"Kalau tidak demikian, nanti bulu gampang rontok dan rusak," ujarnya.

Segera setelah dibersihkan, langsung dilap. Angin-anginkan menggunakan kipas angin atau sinar matahari tidak langsung untuk mengeringkannya secara sempurna. Bila perlu, semprotkan cairan pengharum di dalam sepatu.

"Sepatu, terutama sneakers, malah memang tidak boleh dicuci karena kalau kena air, lem solnya gampang lepas. Sepatu jadinya gampang rusak," kata dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓