6 Tradisi Natal Unik di Swedia, Salah Satunya Wajib Bikin Puisi

Oleh Henry pada 25 Des 2019, 21:02 WIB
Diperbarui 25 Des 2019, 22:15 WIB
ilustrasi makan malam saat Natal.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk merayakan kegembiraan Natal, biasanya umat Kristiani di dunia akan berbagi dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat. Meski begitu, tentu banyak cara yang dilakukan dalam merayakan Hari Natal.

Di sisi lain tiap negara biasanya mempunyai tradisi sendiri dalam merayakan Natal. Salah satu yang menarik perhatian adalah Swedia.

Negara di Eropa ini mempunyai beberapa tradisi Natal yang bisa dibilang unik. Perayaan Natal biasanya identik dengan dekorasi yang meriah.

Namun, di Swedia mereka punya tradisi untuk membuat dekorasi klasik. Bahkan ada yang harus membuat puisi. Dilansir dari laman Purewow, 23 Desember 2019, berikut enam tradisi Natal yang unik di Swedia.

1. Dekorasi klasik

Dalam merayakan Natal, masyarakat Swedia akan membuat dekorasi dengan gaya Skandinavia yang klasik. Mereka selalu menjaga agar segalanya tetap terasa alami ala pedesaan, tidak ada yang mencolok dan simpel.

2. Menonton acara televisi yang sama

Salah satu tradisi yang unik di Swedia adalah selalu menonton acara televisi yang sama setiap tahun. Biasanya ini akan mereka lakukan pada malam Natal.

Mereka akan berkumpul di depan televisi dan menonton serangkaian kartun Disney seperti Donald Duck dan Mickey Mouse dari 1950-an. Tontonan ini selalu sama dari tahun ke tahun, dan tak hanya ditonton anak-anak dan remaja, tapi juga orang dewasa.

3. Hadiah Natal diberikan malam hari

Di negara lain, kebanyakan hadiah Natal akan diberikan pada pagi hari setelah bangun tidur tepat pada 25 Desember. Namun berbeda dengan Swedia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa akan menunggu sampai matahari terbenam untuk melihat isi hadiah mereka.

2 dari 3 halaman

4. Menyalakan empat lilin

Tradisi Natal Unik di Swedia
Menyalakan empat lilin, salah satu tradisi Natal unik di Swedia. (dok.Instagram @catholic_news_service/https://www.instagram.com/p/Bru7XkZHi4p/Henry)

Mulai dari empat minggu sebelum Natal, masyarakat Swedia sudah menyelenggarakan proses menunggu yang dibuat menyenangkan. Mereka akan menyiapkan empat buah lilin di dalam rumah mereka sebagai penanda hitungan mundur menuju Natal.

Lilin pertama akan dinyalakan empat minggu sebelum Natal, lilin kedua pada tiga minggu sebelum Natal dan seterusnya. Biasanya tradisi menyalakan lilin akan dilakukan sambil menikmati secangkir anggur khas Swedia dan kue jahe.

5. Wajib menulis puisi di dalam kado

Tradisi unik perayaan Natal di Swedia lainnya adalah mereka selalu membungkus kado sendiri dari selalu menulis puisi di hadiah yang akan diberikan. Biasanya puisi tersebut mengisyaratkan apa yang ada di dalam hadiah itu.

6. Waktu liburan lebih lama

Satu lagi tradisi Natal di Swedia adalah waktu liburan yang cukup lama. Masa liburan dimulai empat pekan sebelum Natal dan terus berlanjut hingga 13 Januari di tahun berikutnya.

Pada 13 Januari disebut sebagai St. Knut's Day, di mana semua anggota keluarga mencopot semua dekorasi dari pohon Natal dan kemudian berdansa mengelilinginya. Mereka juga menghabiskan semua makanan Natal yang masih tersisa di tanggal tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓