Sukses

Pola Makan Tepat Agar Tetap Sehat di Musim Hujan

Berbagai penyakit yang bisa menyerang di musim hujan bisa dicegah dengan pola makan sehat.

Jakarta - Di musim hujan seperti sekarang ini, kita harus lebih fokus menjaga kesehatan. Berbagai penyakit bisa menyerang terutama di musim hujan seperti saat ini, salah satunya infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Saat musim hujan penyakit yang sering muncul itu ISPA, dua minggu terakhir tinggi. Lalu diare akibat virus, masalah kulit seperti gatal-gatal dan varicella," terang dr. Sumiati Yusup, Kepala Klinik Pratama Permata Bunda, Bekasi Timur di Jakarta, seperti dilansir dari Antara.

Agar tak mudah terkena sederet penyakit itu, dia menyarankan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Misalnya dengan menerapkan pola makan sehat.

Secara pribadi, Sumiati menggeser asupan makanan mengandung karbohidrat ke siang hari. Untuk sarapan, dia lebih memilih buah potong atau jus buah ketimbang makanan mengandung karbohidrat. Kebiasaan ini membuatnya merasa kenyang hingga pukul 10.00.

"Dua minggu terakhir tidak sarapan karbohidrat, tetapi saya geser jamnya. Pagi saya coba makan buah, jus, biasanya salad, buah potong. Karbohidrat ditahan. Saat makan buah pukul 9 dan 10 pagi merasa kenyang," ungkapnya tentang pola makan di musim hujan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan Tidak Berlebihan

Mengatur asupan karbohidrat, menurut dia juga demi mempertahankan berat badan normal dan menghindari datangnya penyakit-penyakit degeneratif seperti jantung dan hipertensi.

Di malam hari kalau perut terasa sangat lapar, sebaiknya tetap maka tapi tidak berlebihan.

"Kalau sudah kenyang ya makan buah dan sedikit karbo. Untuk pertahankan berat badan dengan menjaga pola makan untuk menghindari penyakit-penyakit degeneratif," tuturnya.

Asupan air terutama air putih yang mencukupi kebutuhan tubuh juga penting, agar tubuh tetap terhidrasi dan metabolisme sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.