Sukses

Kamping Asyik di Pinggir Waduk Sermo Yogyakarta Saat Liburan Akhir Tahun, Berapa Biayanya?

Pengunjung yang berkemah di tepi Waduk Sermo, Yogyakarta, saat liburan akhir tahun bisa mencapai enam kali lipat dibandingkan dengan hari biasa.

Liputan6.com, Jakarta - Waduk Sermo di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, dapat menjadi opsi Anda yang ingin jauh-jauh dari kebisingan kota. Berpiknik di pinggir waduk terdengar cukup nikmat untuk menghabiskan liburan.

Dilansir dari foto yang diunggah oleh salah satu pengunjung di akun Instagram @dhian_hardjodisastro pada Minggu, 22 November 2019, Waduk Sermo diabadikan dengan drone saat sore hari. Tampak bentangan air yang bertemu bibir tepian daratan.

"Kemarin terakhir ke sana (Waduk Sermo) 20--21 November 2019, saya berempat hanya habis sekitar Rp35 ribu," jelas Dhian kepada Liputan6.com, Selasa, 24 Desember 2019.

Dalam foto tersebut nampak suasana yang jauh dari keramaian orang-orang dan pinggiran danau ini juga bisa dijadikan tempat untuk berpiknik. Seperti pada foto, terdapat dermaga dengan kapal-kapal kecil di sisi lain waduk ini.

Tak hanya sekadar bentangan air, sambil berpiknik di tepi Waduk Sermo, Anda bisa menanti momen matahari terbenam dengan pemandangannya yang eksotis. Hamparan rumput hijau di sekeliling danau juga membuat tempat ini semakin cantik.

Jalan menuju ke tepi danau juga tidak sulit karena sudah ada trek walaupun hanya jalan setapak dari tanah. Pada foto yang diambil dari atas tersebut juga terlihat beberapa tenda berjajar di tepi danau.

Sementara di ujung tepi daratan tersebut, kita bisa melihat ada pulau terdekat. Di tengah pulau tersebut terdapat makam Mbah Sermo yang dipercaya sebagai leluhur di daerah Kulon Progo.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biaya Piknik di Waduk Sermo

Berpiknik di Waduk Sermo juga jadi kabar baik untuk dompet Anda. Dengan tiket masuk hanya Rp3 ribu per orang, Anda sudah bisa menikmati pemandangan alam sekitar Waduk Sermo sambil bersantai di tepi danau.

Bagi Anda yang bermalam di Waduk Sermo dikenai tarif Rp10 ribu per orang. Tak perlu khawatir jika persiapan Anda kurang karena pengelola objek wisata juga menyediakan berbagai fasilitas untuk para wisatawan, di antaranya penyewaan tenda, air bersih, toilet, lahan parkir, musala, dan listrik.

"Kita ada penyewaan tenda, tapi masih belum begitu banyak." ujar Widi Hartanto, pengelola lokasi Camping Waduk Sermo kepada Liputan6.com, Selasa, 24 Desember 2019.

Selain menikmati pemandangan dari tepian, Anda juga dapat mencoba mengelilingi waduk. Di tepi waduk tersedia sebuah dermaga kecil dengan beberapa perahu, perahu tersebut memang sengaja disewakan untuk para wisatawan, dengan biaya Rp10 ribu per orang Anda bisa berkeliling dengan perahu menikmati pemandangan Waduk Sermo dalam durasi sekitar 20 menit.

Pemandangan yang cantik dan tak menguras kantong tentu menarik para wisatawan. Widi mengungkapkan, pada momen liburan akhir tahun ini, wisatawan yang berkunjung meningkat sampai enam kali lipat dibandingkan hari biasa yang hanya puluhan orang.

"Untuk kemping, waktu weekend per malam bisa sampai 600 pengunjung. Kalau hari biasa sekarang bisa sampai 300 pengunjung," ujar Widi. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.