Sukses

Memperbaiki Taraf Kehidupan dan Dampak Sosial Nyata Lewat Compound Interest

Bola salju yang meluncur bentuknya akan semakin membesar dalam waktu yang cepat, sama seperti nilai bunga di atas bunga.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu konsep paling penting dalam berinvestasi adalah pemahaman tentang compound interest. Hal tersebut senada dengan ucapan Albert Einstein yang bisa menjamin kita agar memiliki kebebasan finansial dan pensiun dini.

Compound interest atau yang disebut juga dengan bunga mengganda adalah peningkatan nilai investasi dalam bentuk bunga yang ditambahkan ke nilai pokok yang telah dikenakan bunga, dengan kata lain yaitu interest on interest.

Memahami konsep compound interest dapat menggunakan bola salju kecil yang digulingkan dari dataran tinggi ke dataran rendah. Hal itu sering disebut sebagai efek bola salju. Bola salju yang meluncur tersebut bentuknya akan semakin membesar dalam waktu yang cepat, sama seperti nilai bunga di atas bunga.

Prinsip dari compound interest adalah menginvestasikan kembali bunga yang diterima sebagai tambahan nilai pokok pada investasi selanjutnya sehingga nilai pokok itu terus berkembang. Pastinya hal ini lebih menguntungkan daripada mencairkan bunga yang diterima dan menginvestasikan nilai pokok yang sama setiap tahunnya.

Sebelumnya juga disebutkan soal waktu, maksudnya adalah kalau dilakukan sejak dini dan semakin lama membiarkan uang terus berkembang maka semakin besar hasil yang akan diterima nanti. Compound interest adalah salah satu bentuk investasi minim risiko yang sifatnya jangka panjang sehingga tidak perlu pusing memikirkan masalah keuangan di masa mendatang.

Kalau Anda pendana setia Amartha, maka Anda bisa menerapkan prinsip compound interest melalui skema compounding. Ini adalah sebuah program pendanaan mikro dengan skema compound untuk memenuhi kebutuhan akan alternatif investasi dengan potensi keuntungan maksimal dan keberlanjutan.

Kelebihan apabila berpartisipasi dalam skema compounding berupa keuntungan yang besar, proteksi berlapis atas nilai pokok investasi, dan fasilitas Relationship Manager (RM) untuk kenyamanan dan kemudahan komunikasi dalam bertransaksi.

Dengan melakukan investasi di Amartha dan menggunakan skema compound, maka Anda turut berkontribusi memberikan dampak sosial yang nyata dalam memajukan usaha mikro perempuan di pedesaan yang selama ini kesulitan mendapat akses permodalan. Jadi, mari membangun ekonomi di pedesaan agar sejahtera merata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.