Sukses

Bella Saphira Senang Mengikuti Tradisi Makan Beradab di Sumatera Utara

Bella Saphira senang mengikuti upacara tradisi makan beradab di Stabat, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Jakarta Bella Saphira kembali membagikan potret aktivitasnya melalui media sosialnya. Kali ini ia mengunggah beberapa fotonya saat sedang mengikuti upacara tradisi makan beradab di Stabat, Sumatera Utara.

Mengenakan songket Melayu warna cokelat susu dipadu dengan kain batik lilin, Bella terlihat duduk di antara sejumlah perempuan dan sepasang pengantin.

Bella sedang mengikuti tradisi Melayu, yaitu makan beradab. Ia senang bisa mengikuti tradisi khas tersebut.

"Saya senang banget bisa mengikuti sendiri tradisi ratusan tahun khas masyarakat Malayu di Bumi Svarnadwipa SUMATERA," kata Bella, 20 Desember 2019.

Menurut Bella, sepasang pengantin yang sudah resmi secara agama, adat, dan hukum negara akan melaksanakan ritual penting itu. Cara makan dengan aturan dan adab penuh filosofi kesantunan masyarakat Melayu di Sumatera.

"Banyak Nilai2 yg sering terlupakan di masa sekarang, Bahwasanya Makan itu Ada Aturan nya, Ada Adab nya. Tidak berlebihan lho!," lanjut Bella Saphira.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tradisi Wajib

Bella Saphira mengatakan, meski ribet mengenakan kain batik lilin, tanpa ragu duduk di bawah mengikuti upacara makan beradab.

"Belasan macam penganan Khas Malayu-Sumatera Makanan Pokok, Menu pelengkap, sampai Cemilan Malayu yg rata2 manis rasanya, akan terhidang dalam rangkaian cantik dan Unik di hadapan Sepasang Pengantin, Kedua Pihak Keluarga yg punya Hajatan, Serta Anggota Keluarga Yg Di Tuakan," papar Bella.

Karena suaminya, Letnan Jenderal (Purn) Agus Surya Bakti yang kini menjabat Komisaris Utama PT Antam, anak lelaki tertua dalam keluarga, maka Bella diperbolehkan duduk paling ujung untuk tempat tertua, termasuk hitungan orang tua.

"Indah Sekali, Seru Sekali... dan 1 lagi di Stabat Kampung Halaman Keluarga Suami, Selalu wajib ada Boneka Barb*e yg di Hias dengan Gaya Malayu.😆😅," jelas Bella.

Dalam keluarga suami, kata Bella, tatanan tradisi itu wajib dan selalu dilaksanakan bila ada hajatan menikah, termasuk saat ia menikah pada 2013 lalu. "Sekali2 Harus Ikuti dan Perhatikan Tradisi Asli Budaya #melayuindonesia dan Anda akan menikmati serta Mensyukuri khasanah kekayaan tak benda ini ; Wow ini Milik Indonesia!❤️," tegas Bella.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.