Sukses

Cerita Akhir Pekan: Para Perempuan Inspiratif

Sosok perempuan inspiratif dengan berbagai bidang dan kemampuannya.

Liputan6.com, Jakarta - Di balik kesuksesan seorang suami, terdapat sosok istri yang hebat. Ungkapan tersebut sering diucapkan banyak orang di Tanah Air.

Peran istri maupun ibu memang tak bisa dilepaskan dari kesuksesan suami, tapi juga keberhasilan seorang anak. Ibu adalah madrasah pertama dalam proses pendidikan manusia.

Ia membawa peran penting dalam kehidupan. Peran yang tak bisa dianggap remeh. Banyak istri orang hebat kehilangan identitasnya dan dianggap hanya sekedar sebagai pendamping semata.

Selama ini peran besar seorang ibu seperti tak terlihat. Hal itu yang membuat ibu diibaratkan sebagai 'malaikat tanpa sayap'.

Berikut sejumlah perempuan inspiratif. Mereka di antaranya Popy Sjahrir, Sinta Nuriyah Wahid, Sri Mulyani, Michelle Obama, Najeela Shihab.

Popy Sjahrir

Nama aslinya Siti Wahjunah Saleh, sekretaris Sutan Sjahrir yang kemudian menjadi istrinya. Poppy lahir di Sawahlunto, Sumatera Barat 11 Mei 1920. Mereka menikah di Kairo, Mesir pada 1951.

Poppy adalah ahli hukum yang selalu mendampingi Sjahrir di seluruh perundingan dengan Belanda, sebelum dan menjelang perjanjian Linggarjati.

Hingga akhir hidup Sjahrir, Poppy selalu setia mendampinginya. Termasuk di detik-detik akhir hidup Sjahrir saat dia menjadi tawanan politik dan menjalani perawatan di Zurich, Swiss. Sutan Sjarir meninggal pada 9 April 1966 setelah menderita stroke.

Sinta Nuriyah Wahid

Istri Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini lahir di Jombang, 8 Maret 1948. Ia sosok setia yang mendampingi Gus Dur hingga akhir hayat.

Sinta Nuriyah baru-baru ini mendapatkan gelar Honoris Causa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penghargaan tersebut tak lepas dari perannya terhadap kerja-kerja kemanusiaan dan keadilan.

Puluhan tahun ia menyuarakan dan memperjuangkan hak-hak perempuan serta kelompok marginal, minoritas, dan terpinggirkan yang luput dari perlindungan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Michelle Obama

Sosok yang inspiratif lain adalah Michelle Obama, istri mantan Presiden Barack Obama. Ucapannya yang banyak dikutip orang, seperti 'sukses bukan tentang seberapa banyak uang yang Anda buat. Tapi tentang seberapa pengaruh yang Anda berikan terhadap hidup orang lain.'

Saat menjadi First Lady, Michelle menjadi sosok yang dicintai dan dikagumi banyak orang. Ia mendukung hak perempuan dan anak-anak. Khusus tentang anak, ia aktif kampanye untuk melawan obesitas pada anak-anak dengan mendukung pola makan sehat.

Sri Mulyani

Sri Mulyani jadi salah satu sosok inspiratif berdasarkan jaringan media sosial profesional LinkedIn pada 2019. Ia dinilai sosok menginspirasi dan menggunakan LinkedIn untuk berhubungan dengan orang-orang di seluruh dunia.

Perempuan kelahiran Bandar Lampung, Lampung, 26 Agustus 1962 ini sering berbagi perspektifnya mengenai isu-isu global hingga topik hangat yang terjadi di dalam negeri, seperti pertumbuhan ekonomi Indonesia dan keragaman di tempat kerja.

Najeela Shihab

Nama lain yang juga sosok inspiratif adalah Najeela Shihab. Selama ini ia fokus pada pendidikan di Indonesia. Putri dari Quraish Shihab ini menggagas gerakan pendidikan, salah satunya jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG).

Perempuan kelahiran 11 September 1976 ini mewujudkan mimpi besarnya di dunia pendidikan dengan mendirikan Sekolah Cikal pada 1999. Sebuah institusi pendidikan yang mendapatkan akreditasi dari The International Baccalaureate Organization.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.