Sukses

Kembali ke Ancol Saat Libur Natal dan Tahun Baru, Ada Pantai Anyar hingga Atraksi Kembang Api Terpanjang

Punya waktu mepet saat liburan Natal dan Tahun Baru? Ancol bisa jadi jawaban untuk menghabiskan hari.

Liputan6.com, Jakarta - Ancol masih menjadi salah satu destinasi andalan warga Jakarta saat menghabiskan liburan singkat, termasuk libur Natal dan Tahun Baru. Untuk menyambut momen tersebut, pihak pengelola meluncurkan sejumlah atraksi teranyar.

Salah satu yang terbaru adalah adalah kawasan bernama Symphony of The Sea yang merupakan area pantai terbaru di Ancol. VP Taman Impian Budi Aryanto menerangkan kawasan pantai seluas 51ribu meter persegi itu terbagi dalam beberapa zona, yakni stone, water, dan forest.

"Tahun ini tahap I sudah selesai. Masyarakat sudah bisa menikmati stone area. Nanti peresmiannya akan dimeriahkan penampilan spesial dari Naura, Neona, Nola. Ada pula Anneth Dellicia pada 25 Desember 2019," kata Budi dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat, 20 Desember 2019.

Masih dari kawasan pantai Ancol, atraksi lain tak kalah seru adalah water dancing & flyboard show, yakni pertunjukan seni tari air mancur tengah laut yang dipadukan dengan teknologi serta atraksi flyboard. Pertunjukan itu bisa dinikmati mulai esok hari hingga 1 Januari 2019 yang terbagi dalam empat sesi, yakni pukul 18.30, pukul 19.15, pukul 20.00, dan pukul 21.00 WIB.

"Khusus tanggal 31 Desember ada show tambahan pukul 22.00, 23.00 dan 23.55 WIB," katanya.

Sementara, arena Ocean Dream Samudra menghadirkan Mola-Mola Jet Spinner, wahana baru yang berwujud lima rangkaian kereta yang dilengkapi empat dudukan dan berkapasitas 20 orang. Setiap kereta dapat berputar hingga 360 derajat selama permainan berlangsung.

Sedangkan, Sea World Ancol kembali menghadirkan Scuba Santa untuk menyambut Natal. Ada pula Randezvouz Divers Show yang digelar dua kali sehari di dalam akuarium. Pertunjukan itu menampilkan kolaborasi aksi para penyelam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hiburan Akhir Tahun

Semarak liburan akhir tahun juga digelar di Putri Duyung Resort dengan menawarkan paket malam Tahun Baru selama 3 hari 2 malam dimulai 30 Desember 2019. Penyanyi senior Vina Panduwinata akan menjadi pengisi utama malam pergantian tahun yang mengusung tema 90an.

Selain di daratan Jakarta, malam pergantian tahun juga dapat dinikmati di Pulau Bidadari. Di pulau yang berjarak sekitar 20 menit dari Dermaga Marina itu, para tamu akan menyaksikan penampilan Banditos, pesta kembang api, dan glowing dance untuk menyambut Tahun Baru 2020.

Bila ingin bergabung dalam keriuhan, Ancol juga menggelar konser besar bertajuk Gempita 2020 di Pantai Carnaval Ancol. Bekerja sama dengan SCTV, konser tersebut ditayangkan live di stasiun TV tersebut mulai pukul 19.00 WIB. Konser musik itu akan menampilkan deretan musisi papan atas, seperti Noah, Armada, Geisha, dan D'Masiv.

"Kita live di Pantai Carnaval mulai pukul 19.00 sampai pukul 04.00 WIB," kata Budi.

Malam puncak pergantian tahun juga akan dimeriahkan dengan pesta kembang api yang diklaim terpanjang di Jakarta. The Biggest Musical Firework itu akan digelar di lima titik sepanjang Pantai Lagoon, Pantai Carnaval, Pantai Festival, Danau Monumen, dan Putri Duyung Ancol.

"Tahun Baru enggak akan komplet tanpa kembang api. Kami akan buat kembang api terpanjang, sekitar 600 meter," ujar Budi lagi.

3 dari 3 halaman

Akses ke Ancol dan Pengamanan

Untuk itu, Ancol menyiapkan 2.078 petugas gabungan yang berasal dari berbagai institusi, seperti TNI, Polri, Pramuka, dan life guard. Mereka terutama berjaga selama malam pergantian tahun.

Fasilitas umum pun ditambah, ada 57 toilet disiapkan untuk digunakan ribuan orang pengunjung. Ada pula 16 mushola yang didirikan di sepanjang Ancol. 

"Kami juga menyiapkan 215 bus wara-wiri. Sementara, central parkir beroperasi mulai tanggal 31 Desember pukul 5 pagi, hingga 1 Januari pukul 4 pagi," ujar Budi.

Direktur Marketing Ancol Taman Impian Febby Intan menargetkan 200 ribu orang akan memadati Ancol selama malam pergantian tahun. Untuk mempermudah akses pengunjung, Ancol menggandeng Grab Indonesia dan menggratiskan tiket masuk bagi para mitra yang akan menjemput maupun mengantarkan para pengunjung.

"Mereka cukup menunjukkan bukti order yang diterima kepada petugas Ancol dan mereka dapat masuk tanpa dipungut biaya tiket," kata Febby.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.