Sukses

Mengintip Gaya Ekletik Elegan ala Vila Cantik di Bali

Ekletik itu mencampur beragam gaya dalam satu ruang. Meski bebas, Anda tak bisa asal agar ruang tetap terlihat cantik, seperti vila di Bali ini.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar desainer, gaya ekletik merupakan sebuah bentuk kebebasan dalam berkarya. Lewat gaya ini, mereka bebas untuk meletakkan nuansa apapun ke dalam rancangannya, termasuk di vila.

Klasik, kontemporer, hingga arsitektur tradisional modern, semua bisa diwujudkan di satu ruangan dalam satu waktu. Yaph Studio melalui sebuah rancangannya, Manhattan Villa at Canggu, berusaha mewujudkan gaya ekletik ini di dalam bangunan seluas 700 meter persegi.

Berlokasi di Bali, Anda dapat merasakan bagaimana perpaduan nuansa modern dan tradisional bergabung dan membentuk harmoni yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Simak trik penting menciptakan gaya ini yang dirangkum tim Arsitag berikut ini.

Elemen-elemen Penghubung yang Apik

Memasukkan beragam komponen dalam desain tradisional modern mungkin terdengar seperti sesuatu yang dilakukan serampangan. Namun, gaya ekletik tetap memiliki aturan tersendiri, yakni penggunaan elemen penghubung.

Elemen inilah yang bertugas menyatukan antarkomponen sehingga keseluruhan desainnya tetap padu. Seperti ruangan di atas misalnya, Anda bisa menemukan beragam gaya, mulai dari pemilihan perabotan yang sleek khas gaya modern, hingga dekorasi tradisional nan etnik di beberapa sudut.

Semuanya masih memanfaatkan palet warna yang sama, yakni warna kayu dan logam. Hasilnya, keseluruhan ruangan tetap tampak harmonis sebagai satu kesatuan di vila itu.

Selain penggunaan warna, elemen penghubung lainnya yang tak kalah penting adalah lighting. Pencahayaan alami dan buatan yang sama di berbagai sudut memberikan kesan seragam meski sebenarnya ada banyak sentuhan di dalam ruangan.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemandangan Luar Ruang

Sebagai tempat yang ditujukan untuk bersantai, rasanya tidak lengkap kalau tidak disediakan ruangan khusus relaksasi. Di vila ini Anda bisa menemukan sebuah kolam berendam indoor dengan jendela besar yang langsung menghadap ke luar.

Jika sofa dan ranjang pijat hadir dengan gaya modernnya, sentuhan tradisional dimunculkan lewat pemilihan kain alas dan sarung cushion. Ukiran di dinding hingga anyaman lampu juga memberikan kesan etnik kental khas Bali.

Jika belum cukup dengan pemandangan yang disajikan sembari berendam, penghuni masih bisa mendapatkannya saat acara makan malam. Meja panjang dari kayu alami dengan kursi-kursi yang mengelilingi dipasang tepat di sebelah kolam renang outdoor. Sentuhan tradisional ini dipercantik dengan lampu-lampu pendant bergaya modern yang digantung tepat di atas meja.

Kamar Tidur yang Cozy

Perpaduan nuansa modern dengan tradisional tentu tak boleh dilewatkan begitu saja pada ruang tidur. Menggunakan ranjang bergaya modern, beberapa aksesori yang diletakkan oleh desainer di dinding-dindingnya adalah sentuhan etnik yang membuat ruangan terasa semakin artistik. Ditambah tirai penutup berwarna putih, kamar ini adalah definisi paling tepat untuk menggambarkan keindahan desain ekletik.

Menghadirkan gaya ekletik ke dalam hunian seperti vila sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Asal Anda memahami konsep dan bagaimana menciptakan elemen penghubung, suasana secantik vila ini dapat Anda wujudkan di rumah sendiri.

Jangan lupa aksesori bergaya tradisional di beberapa sudut agar tidakada kesan jomplang yang terasa di dalamnya. Berbekal inspirasi di atas, sudah siap mencoba gaya serupa?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.