Ini Alasan Tepat buat Pemula yang Ingin Investasi Reksa Dana

Oleh Reza pada 22 Des 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 27 Des 2019, 16:50 WIB
Ini Alasan Tepat buat Pemula yang Ingin Investasi Reksa Dana

Liputan6.com, Jakarta Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mengamankan finansial di masa depan. Namun, yang beranggapan investasi perlu dana yang besar dan harus mapan dahulu. Sebaliknya, tidak ada salahnya jika Anda yang masih muda juga ikut terjun di bisnis yang menguntungkan ini.

Salah satu produk investasi yang bisa dicoba ialah dengan investasi reksa dana. Pasalnya, investasi itu risikonya cenderung kecil. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk bertahan.

Agar sukses berinvestasi reksa dana berikut tips yang bisa kamu jadikan acuan saat investasi reksa dana.

Aman

Reksa Dana merupakan produk investasi yang terjamin keberadaannya. Pasalnya, investasi itu dilindungi pemerintah lewat UU Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995.

Selain itu, Reksa Dana dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan ke dalam berbagai portofolio investasi berdasarkan pertimbangan investor. Aktivitasnya sebagai investasi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, investasi kamu akan aman.

Investasi bersama Ahli

Biasanya dalam investasi kamu akan disibukan dengan penghitungan yang rumit. Namun, investasi Reksa Dana kamu akan dibantu oleh manajer investasi. Ia adalah orang-orang ahli dan profesional di bidang keuangan dan investasi.

Tak hanya itu, manajer investasi juga dapat mengambil keputusan atas nama investor tentang kapan saham akan dijual atau kapan sebuah obligasi dilepas. Jadi, kamu akan sangat terbantukan oleh orang yang profesional.

Risiko minim

Bisa dibilang investasi ini minim risiko. Pasalnya, isi asetnya berupa instrumen pasar uang. Konsekuensinya, investor akan sulit mendapatkan keuntungan besar dari investasinya tetapi pergerakannya stabil.

Intinya, reksadana dapat menjawab segala karakteristik yang dimiliki oleh investor sesuai dengan tingkat toleransinya terhadap risiko.

Transparan

Saat berinvestasi Reksa Dana kamu akan dibekali oleh buku petunjuk. Nah, buku itu disebut prospektus yang akan memberikan informasi lengkap dan transparan mengenai produk reksadana yang ditawarkan.

Pada buku itu juga kamu bisa mengetahui status legal reksadana, rekam jejak manajer investasi, metode perhitungan hasil investasi, jumlah kas, biaya-biaya yang dibebankan, kinerja dan risiko reksadana, serta kebijakan investasi lainnya.

Modal yang sedikit

Satu lagi alasan kenapa investasi ini cocok bagi pemula ialah modal awal investasi sedikit. Pasalnya, uang tersebut akan digabungkan dengan uang orang lain yang kemudian dikelola bersama demi memperoleh keuntungan. 

Nah, kini banyak platfrom yang menyediakan untuk investasi Reksa Dana. Tokopedia misalnya. Di sana, kamu bisa investasi hanya dengan uang Rp 10 ribu. Selain itu, memulai investasi Reksa Dana di Tokopedia banyak untungnya.

Pertama, Kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp10.000 menggunakan beragam metode pembayaran untuk mendapatkan keuntungan hingga 6,5%* setahun dan tidak kena pajak.

Selain itu, dana investasi-mu di Tokopedia Reksa dana dapat dicairkan secara instant dalam hitungan menit, di tempat lain memerlukan 1 sampai 2 hari pencairan dana. Investasi Reksa Dana melalui Tokopedia juga diawasi oleh OJK.

Terakhir kamu bisa jual beli Tokopedia Reksa Dana dapat dilakukan setiap hari. Dana hasil penjualan langsung diterima dan digunakan untuk transaksi selanjutnya.

Sebagai pemula kamu juga bisa belajar investasi di Tokopedia. Coba saja ke kamus keuangan Tokopedia. Kamu akan menemukan puluhan istilah keuangan yang belum kamu mengerti. Cocok kan bagi kamu yang pemula.

Nah, kalau sudah begitu ayo coba investasi Reksa Dana di Tokopedia. Mudah dan Aman.

 

(*)