Tak Hanya Buah dan Sayur, Steak dan Gorengan Juga Bisa Jadi Makanan Sehat

Oleh Henry pada 20 Des 2019, 18:05 WIB
Diperbarui 19 Sep 2020, 15:21 WIB
Gorry Holdings
Perbesar
Gorry Gourmet dari Gorry Holding. (Liputan6.com/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Belum banyak perusahaan rintisan digital (startup) yang bergerak di bidang teknologi nutrisi. Salah satunya adalah Gorry Holding. Mereka mempunyai layanan katering sehat dengan nama Gorry Gourmet di Jakarta, Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Layanan pesanan secara online sudah beroperasi sejak 2014. Baru-baru ini Gorry Gourmet mengoperasikan dapur terbarunya dengan kapasitas produksi tiga kali lebih besar dan berhasil memperoleh sertifikasi ISO 22000:2005 sekaligus Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) System. 

Menurut Co-founder dan Chairman Gorry Holdings, William Susilo Yunior, dengan adanya ISO dan HACCP Gorry Gourmet makin memastikan kualitas produk makanan sehat yang diproduksinya. Gory Gourmet didirikan oleh William bersama rekannya, Herry Budiman karena merasa banyak orang salah kaprah terhadap makanan sehat yang hanya identik dengan sayuran, buah-buahan dan makanan yang terkesan hambar.

"Banyak yang mengira kalau makan sehat itu cuma yang mengandung sayur atau buah saja, salad misalnya. Padahal, salad kalau kebanyakan dressing-nya seperti mayonnaise ya itu sama saja, kurang menyehatkan juga. Banyak juga yang menganggap kalau makanan sehat itu rasanya nggak enak, hambar dan banyak pantangannya seperti nggak boleh makan daging atau gorengan," tutur Herry saat ditemui di kantornya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis, 19 Desember 2019.

"Nah makanya kita di sini tetap menyediakan daging atau gorengan tapi tentunya jumlahnya dibatasi dan menggorengnya tidak terlalu banyak memakai minyak, dan minyak gorengnya kita gunakan yang rendah lemak," sambungnya pada Liputan6.com.

Herry dan William mendirikan Gorry Gourmet karena meyakini berdasarkan sejumlah data yang mereka peroleh, masyarakat Indonesia akan semakin concern pada masalah kesehatan seperti gaya hidup dan pola makan sehat.

"Dulu pelanggan kita biasanya usianya di atas 40 tahun. Lalu, mulai banyak yang di bawah 40 dan belakangan makin banyak yang di bawah 30 tahun. Kita yakin pola hidup sehat termasuk pola makan sehat ini bakal jadi tren karena sekarang anak muda juga semakin sadar pentingnya pola makan sehat," ucap Herry.

Dengan menggandeng seorang chef yang pernah bekerja di sebuah hotel terkenal di Jakarta Selatan yang kemudian berkolaborasi dengan ahli gizi, mereka membuat beragam macam menu makanan dan minuman sehat yang tetap menggugah selera.

Beberapa menu mereka antara lain, Tenderloin Steak Mushroom, Spiced Chicken Sushiroll, Steamed Fish Coriander Soya, Wonton Noodle, Lumpia Rendang, dan masih banyak lagi.

Aplikasi Kesehatan

Gory Holdings
Perbesar
Herry Budiman (kanan) dari Gorry Holding. (Liputan6.com/Henry)

Mereka menyediakan jasa layanan antar Gorry Gourmet setiap hari untuk menu makan siang dan makan malam, baik untuk perorangan maupun korporasi. Dalam sebulan, mereka mengganti menu setiap hari sehingga tak ada menu yang sama dalam waktu satu bulan agar para pelanggan tidak jenuh.

Pada 2018 mereka meluncurkan aplikasi kesehatan GorryWell. Dalam aplikasi ini, disajikan banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna mengontrol tingkat kesehatannya. Fiturnya mulai dari Wellness Program, Input Data, Skor Kesehatan, Rekomendasi, Hitung Kalori, dan Konsultasi.

Fitur Input Data menyajikan data terhadap aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari, mulai dari makanan, kualitas tidur, olahraga, stamina, mood, berat badan, data lab, dan survey test. Anda pun bisa mengetahui berapa kalori makanan yang sedang disantap, hanya dengan memfoto makanannya. Semakin sering menginput data, Anda berpeluang untuk mendapatkan hadiah dari GorryWell.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter langganan melalui aplikasi ini. Cukup memberikan daftar yang sudah disediakan oleh GorryWell, seperti jenis makanan yang dimakan, olahraga yang harus dilakukan, dan yang lainnya kepada dokter. Lalu, dokter akan mengisi list tersebut, serta memeriksa aktivitas yang dilakukan melalui aplikasi.

Setelah itu, notifikasi akan masuk ke gawai Anda secara otomatis. Aplikasi ini baru dapat digunakan oleh korporasi dan para pelanggan Gorry Gourmet. Rencananya, baru di tahun depan aplikasi ini dapat digunakan untuk umum.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓