Sukses

Mengintip Pulau Kaja, Sekolah Orangutan yang Didatangi Sherina Munaf

Kunjungan tersebut menjadi pengalaman kedua Sherina Munaf melihat langsung orangutan tanpa kandang.

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Sherina Munaf baru-baru ini berbagi kabar saat bertandang ke Pulau Kaja. Pelantun lagu Pergilah Kau itu sempat bertemu dengan orangutan, primata endemik Indonesia di tempat tersebut.

Dalam foto yang diunggah di akun Instagramnya,  @sherinasinna, Rabu, 18 Desember 2019, Sherina berpose di depan Pos Jaga Pulau Kaja. Ia terlihat kasual dengan mengenakan baju panjang dengan motif garis-garis hitam dan abu-abu dan rambut digerai.

Berpose tolak pinggang di atas perahu tradisional yang sedang melaju, Sherina menjelaskan tentang tempat yang dikunjunginya itu.

"Pos security Pulau Kaja, pulau pra-pelepasliaran para Orangutan yang lulus dari Sekolah hutan Nyaru Menteng @bosfoundation. Setelah setahun dimonitor di pulau ini, Orangutan yang dinilai siap, akan dipersiapkan untuk pelepasliaran seutuhnya."

Pertemuan Sherina dengan orangutan tersebut bukanlah yang pertama. Ia sempat mengunjungi sekolah orangutan serupa merujuk pada foto dan video yang diunggahnya Desember 2018 lalu.

Dalam video tersebut, Sherina mengenalkan Oci, orangutan betina yang saat itu berusia 12,5 tahun. Sherina bercerita bahwa ia dan tim dari BOS Foundation mengantar Oci masuk ke titik pra-pelepasliaran di Pulau Bangamat. Di pulau itu, Oci akan mempraktikkan ilmu yang diperolehnya sebelum benar-benar kembali ke hutan.

"Setelah 2 tahun belajar di Infant Group, Oci kemudian masuk sekolah hutan tanggal 28 maret 2010. Selama di sekolah hutan Oci terkenal pandai membuat sarang dan mandiri! 6 tahun kemudian, Oci masuk ke kandang sosialisasi. 2 tahun telah berlalu dan kini Oci berusia 12.5 tahun," tulis Sherina saat itu.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Konservasi

Pulau Kaja merupakan bagian dari Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Pulau ini berada di aliran Sungai Rungan, Nyaru Menteng, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Pulau ini dikelola Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF).

Pulau Kaja dikenal sebagai pulau Pra-Pelepasan Orang Utan. Orangutan yang berada di pulau ini adalah Orang utan yang telah lulus dari sekolah hutan di Pusat Re-introduksi BOSF.

Selain orangutan, Pulau Kaja juga memiliki pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan yang datang dapat menikmati nuansa alam menggunakan perahu tradisional yang disebut kelotok. Sambil mengelilingi pulau ini dengan kelotok, Anda juga bisa melihat orangutan di pohon yang berada dekat tepian pulau.

Dilansir dari orangutan.or.id, Pulau Kaja tidak memiliki fasilitas apapun karena pulau ini merupakan wilayah konservasi. Pengunjung hanya boleh melihat orangutan dari kapal dengan jarak sekitar 10-15 meter dari pulau. (Adhita Diansyavira)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.