Mengintip Pulau Kaja, Sekolah Orangutan yang Didatangi Sherina Munaf

Oleh Putu Elmira pada 19 Des 2019, 06:01 WIB
Diperbarui 19 Des 2019, 06:01 WIB
Sherina Munaf di Pulau Kaja, Rabu, 18 Desember 2019. (dok Instagram @sherinasinna/https://www.instagram.com/p/B6M5_Mah5qR//Adhita Diansyavira)
Perbesar
Sherina Munaf di Pulau Kaja, Rabu, 18 Desember 2019. (dok Instagram @sherinasinna/https://www.instagram.com/p/B6M5_Mah5qR//Adhita Diansyavira)

Liputan6.com, Jakarta - Penyanyi Sherina Munaf baru-baru ini berbagi kabar saat bertandang ke Pulau Kaja. Pelantun lagu Pergilah Kau itu sempat bertemu dengan orangutan, primata endemik Indonesia di tempat tersebut.

Dalam foto yang diunggah di akun Instagramnya,  @sherinasinna, Rabu, 18 Desember 2019, Sherina berpose di depan Pos Jaga Pulau Kaja. Ia terlihat kasual dengan mengenakan baju panjang dengan motif garis-garis hitam dan abu-abu dan rambut digerai.

Berpose tolak pinggang di atas perahu tradisional yang sedang melaju, Sherina menjelaskan tentang tempat yang dikunjunginya itu.

"Pos security Pulau Kaja, pulau pra-pelepasliaran para Orangutan yang lulus dari Sekolah hutan Nyaru Menteng @bosfoundation. Setelah setahun dimonitor di pulau ini, Orangutan yang dinilai siap, akan dipersiapkan untuk pelepasliaran seutuhnya."

Pertemuan Sherina dengan orangutan tersebut bukanlah yang pertama. Ia sempat mengunjungi sekolah orangutan serupa merujuk pada foto dan video yang diunggahnya Desember 2018 lalu.

Dalam video tersebut, Sherina mengenalkan Oci, orangutan betina yang saat itu berusia 12,5 tahun. Sherina bercerita bahwa ia dan tim dari BOS Foundation mengantar Oci masuk ke titik pra-pelepasliaran di Pulau Bangamat. Di pulau itu, Oci akan mempraktikkan ilmu yang diperolehnya sebelum benar-benar kembali ke hutan.

"Setelah 2 tahun belajar di Infant Group, Oci kemudian masuk sekolah hutan tanggal 28 maret 2010. Selama di sekolah hutan Oci terkenal pandai membuat sarang dan mandiri! 6 tahun kemudian, Oci masuk ke kandang sosialisasi. 2 tahun telah berlalu dan kini Oci berusia 12.5 tahun," tulis Sherina saat itu.

 

2 dari 3 halaman

Tempat Konservasi

Sherina ikut serta pelepasan orang utan di Pulau Kaja, 21 Desember 2018. (dok Instagram @sherinasinna/https://www.instagram.com/p/BropAjCBAhZ//Adhita Diansyavira)
Perbesar
Sherina ikut serta pelepasan orang utan di Pulau Kaja, 21 Desember 2018. (dok Instagram @sherinasinna/https://www.instagram.com/p/BropAjCBAhZ//Adhita Diansyavira)

Pulau Kaja merupakan bagian dari Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Pulau ini berada di aliran Sungai Rungan, Nyaru Menteng, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya. Pulau ini dikelola Borneo Orang Utan Survival Foundation (BOSF).

Pulau Kaja dikenal sebagai pulau Pra-Pelepasan Orang Utan. Orangutan yang berada di pulau ini adalah Orang utan yang telah lulus dari sekolah hutan di Pusat Re-introduksi BOSF.

Selain orangutan, Pulau Kaja juga memiliki pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Wisatawan yang datang dapat menikmati nuansa alam menggunakan perahu tradisional yang disebut kelotok. Sambil mengelilingi pulau ini dengan kelotok, Anda juga bisa melihat orangutan di pohon yang berada dekat tepian pulau.

Dilansir dari orangutan.or.id, Pulau Kaja tidak memiliki fasilitas apapun karena pulau ini merupakan wilayah konservasi. Pengunjung hanya boleh melihat orangutan dari kapal dengan jarak sekitar 10-15 meter dari pulau. (Adhita Diansyavira)

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓