Loloh Cemcem, Jamu Bali Berkhasiat Tinggi

Oleh Putu Elmira pada 17 Des 2019, 05:02 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 05:02 WIB
20160228-loloh cemcem
Perbesar
Loloh Cemcem minuman khas desa terbersih di dunia (Liputan6.com/Dewi Divianta)

Liputan6.com, Jakarta - Selain wisata, Bali juga kaya akan kuliner khas. Salah satunya adalah minuman jamu yang hanya bisa ditemui di Bali bernama loloh cemcem.

Jamu ini terbuat dari daun cemcem (daun kloncing), kayu manis, daun sirih, daun jarak pagar, daun dhadhap, air kelapa, buah kelapa, dan gula aren. Semua bahan dihaluskan kemudian diseduh dengan air panas. Cemcem diketahui sejenis kedondong hutan.

Loloh cemcem berasal dari Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Bali yang dikenal sebagai desa adat terbersih sedunia. Dilansir dari indonesia.go.id, minuman tradisional yang satu ini terbukti baik untuk kesehatan. Bahan alami yang langsung didapat dari alam, juga pembuatannya tanpa bahan kimia, menjadikan minuman ini bisa dikonsumsi setiap hari.

Warnanya yang hijau gelap mungkin membuat minuman ini kurang menarik, tapi soal rasa tak perlu khawatir. Loloh cemcem tak terlalu pahit, minuman ini termasuk kaya rasa karena Anda akan merasakan sensasi rasa rasa nano-nano, ada rasa kecut, pedas, sepat, asin, manis dan sedikit pahit dalam setiap tegukan. Anda juga bisa memilih untuk disajikan hangat atau dingin.

Karena Desa Penglipuran yang terkenal akan kebersihannya, bahan baku dari desa ini terjamin berkualitas tinggi. Untuk harga, sebotol jamu khas Bali dengan isi 660ml dijual dengan harga Rp5,000 sampai Rp6,000.

Minuman ini juga semakin berkembang baik dari segi produksi maupun pemasarannya. Jika dulu proses pembuatan masih manual dengan menggunakan tangan, pembuatan loloh cemcem kini dibantu dengan mesin.

Penjualan minuman loloh cemcem ini dikelola sendiri oleh para penduduk Desa Penglipuran. Mereka menjual jamu Bali itu di beberapa sudut desa untuk buah tangan maupun minuman langsung minum para wisatawan yang datang ke desa itu.

2 dari 3 halaman

Baik Untuk Kesehatan

Jokowi minum jamu (Foto: screenshoot Instagram @jokowi)
Perbesar
Jokowi minum jamu (Foto: screenshoot Instagram @jokowi)

Selain rasa segar dan kaya akan rasa, menurut penelitian, loloh cemcem juga bermanfaat untuk menurunkan tensi sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, stroke, dan masalah ginjal.

Selain itu, loloh cemcem juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan serta baik untuk dikonsumsi ibu hamil atau menyusui.

Sumber lain juga mengatakan loloh cemcem dapat meningkatkan nafsu makan, meredakan panas dalam dan menjadi obat batuk yang manjur, selain menyegarkan tubuh. (Adhita Diansyavira)

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓