Sukses

Nostalgia Masa Kecil Anies Baswedan Naik Sepeda Ontel Bersama Ayahanda

Anies Baswedan berbagi memori masa kecil saat tinggal di Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beragam cerita di masa kecil yang selalu menarik untuk dikenang ketika seseorang dewasa. Hal ini pula yang terjadi pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membangkitkan memori saat tinggal di Yogyakarta.

Sepenggal kisah masa lalu dibagikan Anies Baswedan melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadi. Terlihat ada dua potret yang dikolase, menyatukan momen puluhan tahun lalu dan saat ini.

Untuk potret di sebelah kiri, mengabadikan foto berbalut nuansa hitam putih yang menampilkan Anies kecil yang sedang duduk di bangku tambahan untuk anak-anak di sepeda onthel. Kala itu, ia tampak mengenakan kaus, celana pendek, kaus kaki tinggi, sepatu, dan topi.

Potret tersebut disampaikan Anies adalah kesehariannya di masa kecil. Saat itu, ia dan kedua orangtuanya tinggal di rumah kakek-neneknya di Taman Yuwono No.19, Jalan Dagen, Yogyakarta.

"Sepeda Ibu itu dipasangi bangku utk anak, lalu Ayah ajak saya keliling sekitar Malioboro hingga alun-alun utara Yogya hampir setiap sore." tulis Anies dalam caption foto yang diunggah Minggu, 15 Desember 2019.

Suami Fery Farhati Ganis ini melanjutkan, berkeliling dengan sepeda buatnya saat itu jadi pengalaman tak terlupakan. Ketika ia memasuki bangku Taman Kanak-Kanak pun, kegiatan jalan-jalan sore rutin dilaksanakan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masa Kini

Sementara foto di sebelah kanan menunjukkan Anies Baswedan memegang sepeda ontel milik sang kakek yang kemudian digunakan oleh ayahnya. Ia pun sempat memakainya di tahun pertama kuliah di Kota Gudeg tersebut.

"Dulu ayah dan ibu sehari-hari bersepeda ke kampus jika akan mengajar. Sampai kemudian mereka pindah pakai vespa. Sepeda Ayah lalu dipakai bergantian di rumah. Hingga saya pakai saat awal-awal kuliah." tulisnya.

Saat Anies sudah sangat aktif di kampus, ia memakai vespa ayahnya untuk kegiatan sehari-hari. Setelah ia menetap di Jakarta, sepeda ontel masih tersimpan di rumah ibundanya.

"Kemarin ketika pulang ke Yogya dibersihkan dan coba digowes lagi. Sepeda tua ini masih berfungsi baik, hanya perlu diminyaki rantainya." tambahnya

"Sudah lebih dari 70 tahun sepeda ini bergerak di aspal di Yogya, bagaimana kalau kita bawa keliling di Jakarta? Setuju...?" tanya Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.