Cerita Akhir Pekan: Kebaya dari Dewi Soekarno hingga Iriana Jokowi

Oleh Komarudin pada 15 Des 2019, 10:09 WIB
Diperbarui 15 Des 2019, 13:22 WIB
5 Potret Gista Putri Dijenguk Iriana Jokowi, Penampilannya Disorot

Liputan6.com, Jakarta - Kebaya dan perempuan jadi dua hal yang sulit untuk dipisahkan. Sebagai busana khas Indonesia, membuat para pemakainya tampil anggun dan bersahaja. Kebaya memang jadi identitas negara.

Sejak zaman Presiden Soekarno hingga Joko Widodo atau Jokowi, kebaya jadi pakaian resmi ibu negara yang dipakai dalam kegiatan kenegaraan yakni kebaya.

Salah satu momen Iriana Jokowi mengenakan kebaya adalah saat mengunjungi putri Wishnutama dengan Gista Putri, Rabu 11 Desember 2019, didampingi Wury Estu Handayani, istri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Iriana dan Wury Estu serasi mengenakan kebaya Kartini warna coral dengan kain abu-abu yang dililit  sabuk selendang, sedangkan Wury mengenakan hijab warna senada dengan selendang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut penampilan sejumlah ibu negara dan presiden saat mengenakan kebaya.

2 dari 8 halaman

Ani Yudhoyono

Ani Yudhoyono dan Kisah Batik yang Tak Bisa Dipakai untuk Lebaran
Ani Yudhoyono dan Annisa Pohan saat mengenakan batik bersama. (dok. Instagram @annisayudhoyono/https://www.instagram.com/p/BwysNd9jELw/Dinny Mutiah)

Kebaya juga jadi salah satu busana favorit Ani Yudhoyono. Kebaya selalu setia menemaninya, khususnya semasa menjabat sebagai ibu negara.

Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini juga mengoleksi dan melestarikan wastra lainm seperti songket. Ia mengenakan kebaya dengan bawahan songket saat mendampingi SBY saat bertemu dengan Ratu Elizabeth II di London pada 2012 lalu.

3 dari 8 halaman

Megawati Soekarnoputri

Disaksikan Megawati, Puan Maharani Dianugerahi Pin Alumni Kehormatan Lemhanas
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Letjend TNI Agus Widjojo (kiri) mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang menghadiri penganugerahan pin alumni kehormatan Lemhanas kepada Menko PMK Puan Maharani di Gedung Lemhanas, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Megawati SoekarnoputriPresiden RI ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri juga sosok yang anggun saat mengenakan kebaya. Ia mengenakan kebaya dalam momen-momen tertentu.

Seperti saat menghadiri acara pelantikan para menteri pada 23 Oktober 2019 lalu. Ia tampil mengenakan kebaya ungu. Saat itu, ia mengenakan kebaya warna ungu dan rambut disanggul.

4 dari 8 halaman

Sinta Nuriyah

Ditemani Mahfud Md, Ma'ruf Amin Silaturahmi ke Keluarga Gus Dur
Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah memberi keterangan usai menerima kunjungan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Ma’ruf datang ditemani Mahfud MD dan sejumlah kiai. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sinta Nuriyah juga sosok yang sering tampil dengan kebaya. Dalam sebuah unggahan, Yenny Wahid sempat mengungkapkan sebisa mungkin untuk mengenakan kebaya saat menghadiri acara-acara kenegaraan.

“Setiap menghadiri acara-acara kenegaraan, kami selalu berusaha memakai kebaya atau pakaian tradisional Nusantara lainnya. Upaya sederhana untuk menguatkan kecintaan pada tradisi dan budaya,” tulis Yenny Wahid dalam unggahannya bersama sang ibunda.

5 dari 8 halaman

Ainun Habibie

Wajah Ceria BJ Habibie Didampingi Ainun Memimpin Indonesia
Presiden BJ Habibie didampingi istrinya Ainun Habibie melambaikan tangan kepada wartawan saat tiba di pusat perbelanjaan yang hancur akibat gelombang kekerasan di Chinatown, Jakarta, 26 Mei 1998. Habibie meninggal pada usia 83 tahun akibat gagal jantung dan menua. (AFP Photo/Kemal Jufri)

Sebagai Ibu Negara, Ainun Habibie selalu tampil dalam balutan kebaya. Pakaian tradisional itu membuatnya terlihat anggun menawan.

Seperti pada foto, Ainun tampil cantik memakai kebaya berwarna kuning pastel. Pilihan warna lembut semakin memancarkan aura keibuan Ainun.

6 dari 8 halaman

Tien Soeharto

Tien Soeharto
Tien Soeharto (dok. Instagram @titiksoeharto/https://www.instagram.com/p/BzC4WYiFCzQ/Putu Elmira)

Sebelumnya, kebaya juga kerap dikenakan oleh Tien Soeharto, istri Presiden ke-2 Indonesia Soeharto. Penampilan dengan berkebaya membuat tampil anggun.

Tien Soeharto merupakan salah satu orang yang mempopulerkan penggunaan kebaya kutubaru. Kutubaru adalah secarik kain yang menghubungkan lipatan kebaya di bagian dada.

7 dari 8 halaman

Dewi Soekarno

Dewi Soekarno
Dewi Soekarno dengan rambut disanggul dan berkebaya hijau (Dok.Instagram/@dewisukarnooffical/https://www.instagram.com/p/Byl0YV4A1zF/Komarudin)

Istri Presiden RI ke-1 ini juga sering mengenakan kebaya.  Seperti perempuan Indonesia pada umumnya, Dewi Soekarno juga kerap tampil berkebaya terutama saat mendampingi sang Presiden.

Saat itu ia sering mengenakan kebaya kutubaru hingga membuatnya elegan. Kebaya memang pilihan istimewa bagi sejumlah tokoh-tokoh di Indonesia.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Bikin Pangling, Penampilan Artis Cantik Indonesia Waktu SD Vs Kini