Sukses

Bangga, Desainer Indonesia Sabet Juara 1 Harper's Bazaar ANFA Regional di Singapura

Desainer Indonesia yang menjadi pemenang Grand Final ANFA 2019 di Singapura itu membawa karya yang terinspirasi dari film The Greatest Showman.

Liputan6.com, Jakarta - Kiprah desainer Indonesia di tingkat internasional tak bisa dianggap enteng. Yang terbaru adalah kabar dari Harper's Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) yang menasbihkan nama Kelly Valerie sebagai juara 1 dalam ajang kompetisi bagi desainer muda di tingkat regional.

Dalam kompetisi yang digelar di Singapura pada Oktober 2019 itu, Kelly meyakinkan juri lewat rancangannya yang bertajuk Freak. Inspirasi desainnya diperoleh dari film musikal The Greatest Showman, yakni cerita sekumpulan orang unik yang mengeluarkan sisi terbaiknya.

Koleksinya tampil multifungsi dan mengalami transformasi yang didukung oleh elemen dekonstruksi dan sulaman-sulaman perca. Melalui koleksi busana multifungsi yang didesainnya, Kelly membawa pulang hadiah beasiswa dari Istituto Marangoni dan uang tunai sebesar 10.000 dolar Singapura.

Kelly menaklukkan delapan finalis lain yang berasal dari Indonesia, Singapura, Vietnam, dan Thailand. Le Hoang Son, finalis asal Vietnam muncul sebagai 1st Runner Up, dan Rena Kok finalis asal Singapura sebagai 2nd Runner Up.

"Perjalanan mengikuti kompetisi ANFA 2019 ini merupakan perjalanan panjang yang sangat berharga, penuh tantangan, dan tak terlupakan bagi saya,"ujar Kelly Valerie, pemenang Grand Final ANFA 2019, dalam keterangan tertulis kepada Liputan6.com, Rabu (11/12/2019).

Sebelum berlaga di Singapura, Kelly lebih dulu bersaing di tingkat nasional. Ia terpilih bersama Dea Yuliana menjadi salah satu dari dua pemenang ANFA Indonesia 2019. Keduanya berhak berkompetisi di tingkat lanjutan.

Selama proses menuju final, delapan finalis, termasuk Kelly dan Dea, dibimbing oleh para editor dan perancang mode ternama. Tujuannya untuk membantu menyempurnakan koleksi dan memberikan arahan tentang pengembangan bisnis dalam industri fashion secara global.

"Karena tujuannya untuk melahirkan talenta baru yang bisa berkompetisi di industri fashion lokal maupun internasional, maka finalis ANFA akan melewati bukan saja penilaian, tetapi pendampingan dan monitoring," ujar Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia.

Khusus untuk finalis dari Indonesia, desainer Sebastian Gunawan bertugas menjadi salah satu juri dalam kompetisi tersebut. Ia menyebut para finalis memiliki 'wow factor' yang membuat mereka terpilih.

"Wow factor dapat terlihat ketika kreasi desain yang Anda buat dengan sungguh-sungguh merupakan gambaran karakter Anda. Anda yang dapat mengontrol kreasi Anda, jangan biarkan kreasi yang mengendalikan Anda," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keunggulan Finalis Indonesia

Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia, mengungkapkan para finalis Indonesia memiliki kelebihan dari para kontestan lain."Kelly unggul karena originalitas ide dan memiliki ‘wow factor’ di dalam presentasinya. Dea pun dengan konsep kearifan lokal sebenarnya cukup mengesankan juri internasional," ujarnya.

Selain Ria Lirungan dan Sebastian Gunawan, juri ANFA tingat Nasional lainnya adalah Michael Pondaag (Head of Stylist Harper’s Bazaar Indonesia), Didi Budiardjo (Creative Concultant Harper’s Bazaar Indonesia dan Fashion Designer), Joy Citradewi dari PT. Sri Rezeki Isman, Tbk (Sritex), dan Ria Juwita (Event and Promotions Senior Manager PT. Plaza Indonesia).

Harper’s Bazaar Asia NewGen Fashion Award (ANFA) merupakan ajang kompetisi desainer muda yang digelar secara rutin sejak 2013 di kawasan Asia, oleh majalah Harper’s Bazaar Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

Harper’s Bazaar India turut bergabung pada 2018. Pada tahun ini yang menginjak tahun ke-6, Harper’s Bazaar Vietnam juga ikut bergabung mengirimkan desainer muda berbakatnya.

ANFA bertujuan untuk menemukan dan mewadahi para desainer muda berbakat di negara masing-masing, agar nantinya dapat mewarnai panggung fashion secara global.

Melihat besarnya peluang prestasi yang diraih dan antusiasme desainer muda terhadap ANFA, Harper’s Bazaar Indonesia kembali mencari talent terbaik dan berbakat dalam dunia fashion untuk kembali mencetak berbagai prestasi di bidang fashion dalam ajang kompetisi ANFA 2020.

Para calon peserta dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir yang ada di website Harper’s Bazaar Indonesia. Pendaftaran dibuka pada 9 Desember 2019 sampai dengan 27 Januari 2020. Sebagai salah satu persyaratan, peserta diharuskan untuk mempersiapkan koleksi dengan tema Sustainability.

"Rencana ANFA Indonesia di tahun 2020 adalah membawa finalis ANFA dari beberapa negara untuk hadir di Indonesia dalam acara Grand Final ANFA 2020," ujar Iwet Ramadhan, Head of Business Growth MRA Media.

Para finalis terpilih akan menjalani program mentoring yang komprehensif, mulai dari pembuatan business plan sampai ke pop-up store. "Finalis terpilih akan dibimbing untuk terjun ke dunia bisnis," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.