Sepak Terjang Frederika Alexis Cull hingga Masuk 10 Besar Miss Universe 2019

Oleh Putu Elmira pada 09 Des 2019, 12:00 WIB
Diperbarui 09 Des 2019, 12:00 WIB
Frederika Alexis Cull

Liputan6.com, Jakarta - Perjalanan panjang telah dilalui Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull untuk unjuk gigi di Miss Universe 2019. Jauh sebelum gegap gempita grand final kontes kecantikan ini, ia telah mempersiapkan banyak hal yang juga dibantu berbagai pihak.

Satu di antaranya soal deretan busana yang melibatkan sejumlah desainer ternama Tanah Air. Sebut saja National Costume bernuansa cokelat keemasan yang dirancang oleh Mayaratih Couture dan aksesori didesain oleh Morpachio.

Ada pula kebaya dari Anne Avantie, busana Winter Look dari Revashion, gaun malam oleh Tex Saverio, gaun karya Hian Tjien dan satu gaun lagi untuk dari Priyo Oktaviano yang dipakai Frederika di Miss Universe 2019.

Perempuan berusia 20 tahun ini lantas mengikuti masa karantina Miss Universe 2019 mulai 28 November 2019 bersama 85 finalis lainnya. Grand final diselenggarakan di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, Minggu, 8 Desember 2019, waktu setempat.

Sebelumnya, ia tampil menawan dalam balutan gaun warna meraah tua karya Tex Saverio. Ada pun gaun super memesona tersebut mengusung tajuk Spirit of Phoenix dengan sentuhan aksesori dari Rinaldy Yunardi.

Tampilan tersebut terlihat ketika Frederika tampil dalam babak malam pra-eliminasi Miss Universe 2019 pada Jumat, 6 Desember 2019. Tata rambutnya dibuat bun, memakai sepatu hak tinggi hitam, dan polesan makeup oleh Bubah Alfian.

Masuk ke grand final, perempuan berdarah Inggris-Lampung ini berhasil masuk sebagai lima finalis dari region Afrika Asia Pasifik bersama Afrika Selatan, Nigeria, Vietnam, dan Thailand untuk Top 20 Miss Universe 2019.

Lima finalis dari region Eropa meloloskan finalis dari Albania, Prancis, Islandia, Kroasia, dan Portugal. Dari region Amerika yang masuk adalah Puerto Rico, Peru, Republik Dominika, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Sementara, lima finalis lainnya yang mendapatkan wild card dan otomatis masuk Top 20 adalah dari negara Filipina, Venezuela, India, Brasil, dan Kolombia. Setelah itu tahapan berlanjut pada 10 besar.

2 dari 3 halaman

Langkah Frederika Terhenti di 10 Besar

Frederika Alexis Cull
Puteri Indonesia 2019, Frederika Alexis Cull saat berlaga di panggung grand final Miss Universe 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Pembawa acara Miss Universe 2019, Steve Harley dengan lantang menyebut Indonesia masuk dalam Top 10. Frederika Alexis Cull pun maju ke tengah panggung sembari tersenyum semringah.

Bersamaan dengan momen itu, ada sebuah video singkat yang diputar. Menampilkan profil singkat Fred, begitu ia akrab disapa, bicara soal isu yang dibawa di kontes internasional ini.

Sebelum itu, ia menyampaikan jadi salah satu kontestan termuda di Miss Universe 2019, di mana ia baru saja menginjak usia 20 tahun.

"Saya memiliki yayasan sendiri bernama Voice For The Voiceless. Kami meningkatkan kesadaran isu mengenai 75 juta anak-anak Indonesia tidak memiliki akta kelahiran," kata dalam video.

Frederika juga melanjutkan, akta kelahiran sebenarnya sangat membantu kehidupan anak-anak baik untuk pendidikan, perlindungan, hingga masa depan. "Isu ini berpengaruh pada negara saya dan seluruh dunia," lanjutnya.

Frederika Alexis Cull
Frederika Alexis Cull mengenakan bikini two pieces di Swimsuit Session Top 10 Miss Universe 2019. (Screenshot Instagram @frederikacull/https://www.instagram.com/p/B5z-KHdnXkK/Putu Elmira)

Top 10 Miss Universe 2019 adalah dari negara Amerika Serikat, Kolombia, Puerto Rico, Afrika Selatan, Peru, Islandia, Prancis, Indonesia, Thailand, dan Meksiko. Pada babak 10 besar ini, Fred tampil dalam balutan bikini two pieces bermotif leopard warna hitam putih di Swimsuit Session.

Berlanjut Top 5 yang meloloskan Thailand (Paweensuda Drouin), Afrika Selatan (Zozibini Tunzi), Puerto Rico (Madison Anderson), Meksiko (Sofía Aragón), dan Kolombia (Gabriela Tafur).

Zozibini Tunzi
Miss Universe 2018 Catriona Grey menyematkan mahkota kepada Miss Afrika Selatan, Zozibini Tunzi, seusai dinobatkan menjadi Miss Universe 2019 pada malam final di Tyler Perry Studios, Atlanta, Minggu (8/12/2019). Zozibini Tunzi, 26, dinobatkan menjadi Miss Universe 2019. (VALERIE MACON / AFP)

Lalu Top 3 diduduki oleh Meksiko (Sofía Aragón), Afrika Selatan (Zozibini Tunzi), Puerto Rico (Madison Anderson).

Hingga pada akhirnya, perwakilan Afrika Selatan, Zozibini Tunzi sukses membawa pulang gelar dan mahkota Miss Universe 2019.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓