Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2020 yang Lebih Mudah Diwujudkan

Oleh Gilar Ramdhani pada 06 Des 2019, 23:15 WIB
Diperbarui 07 Des 2019, 20:15 WIB
Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2020 yang Lebih Mudah Diwujudkan

Liputan6.com, Jakarta Tidak terasa momen pergantian tahun dari 2019 ke 2020 segera tiba. Kalau sudah begini tandanya kamu harus segera membuat resolusi menyambut tahun baru 2020. Walaupun sederet resolusi tidak tercapai di 2019 ini kamu jangan patah semangat untuk membuat resolusi baru. Sebab memiliki resolusi membantu hidup kamu lebih terarah dan termotivasi.

Beberapa hal populer yang menjadi resolusi biasanya berkaitan dengan karir, kesehatan, jodoh, anak, penampilan, liburan hingga punya barang-barang yang diinginkan.

Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2020 yang Lebih Mudah Diwujudkan
© Shutterstock

Nah, agar resolusi di tahun 2020 bisa lebih mudah diwujudkan ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat resolusi. Sederhana sih tapi dampaknya akan terasa sekali pada dirimu.

1. Spesifik

Buatlah resolusi yang lebih spesifik, jangan sesuatu yang ambigu. Sesuatu yang spesifik akan lebih efektif dan mudah diwujudkan. Misalnya, kamu ingin lebih sehat dengan rajin olahraga. Tentukan olahraga apa saja ingin perlu dilakukan, berapa kali dalam seminggu dan lain sebagainya.

2. Terukur

Selain spesifik, resolusi yang terukur akan lebih mudah untuk diwujudkan. Sebab kalau dibiarkan mengalir tanpa tujuan yang terukur, kita akan cenderung menghabiskan bahwa waktu maupun uang. Misalnya, kamu ingin memiliki suatu barang, tentu harus menyiapkan uang untuk membelinya. Berapa uang yang harus ditabung setiap hari, minggu ataupun bulan sehingga terkumpul senilai harga barang?.

3. Relevan

Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2020 yang Lebih Mudah Diwujudkan
© Shutterstock

Kamu perlu pastikan bahwa resolusi yang dibuat sesuai atau relevan dengan kepribadian, karakter maupun keadaan kamu. Memberikan manfaat bagi diri sendiri, bukan malah merugikan atau terkesan memaksakan diri. Misalnya tidak suka dengan ketinggian, tapi belagak mau panjat tebing. Tentu akan sulit terwujud.

4. Menjaga hubungan baik

Resolusi itu tidak terbatas pada urusan pribadi atau kehidupan kita saja. Untuk memudahkan mewujudkan resolusi, kita juga harus memiliki kepedulian dan menjaga hubungan baik dengan sekitar. Sebab orang sukses tidak akan pernah lupa dengan orang-orang yang telah membantu mewujudkan cita-cita. Oleh karena itu, jangan berhenti menjaga hubungan baik karena kamu juga bisa melakukan banyak hal baik untuk orang lain dan lingkungan sekitar.

5. Refleksi diri

Luangkanlah waktu untuk melakukan refleksi atas kinerjamu selama ini. Ingat hal-hal baik apa saja yang terjadi selama tahun 2019, syukuri itu dan jadikan motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sebaliknya, kalau ada hal-hal buruk yang pernah dilakukan, jangan lupakan begitu saja, tapi jadikan pelajaran hidup.

Nah selama proses refleksi itu, kamu pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik. Sebelum tahun berganti, jika kamu ingin melakukan hal baik untuk sesama, sekarang saatnya untuk berdonasi melalui Tokopedia Salam.

Tokopedia Salam menyalurkan donasi dan bantuan dari para konsumennya untuk orang-orang yang sangat membutuhkan. Mereka adalah anak-anak yang memiliki gangguan penglihatan, keluarga yang rumahnya tidak layak huni, warga yang masih kesulitan akses air bersih, hingga orang-orang dengan gangguan kejiwaan yang membutuhkan perhatian.

 

Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2020 yang Lebih Mudah Diwujudkan
Tutup tahun dengan menjadi #PejuangKebaikan untuk mereka yang membutuhkan.

Ada berbagai opsi donasi di Tokopedia Salam beserta pilihan lembaganya. Caranya mudah sekali, kamu cukup Buka Aplikasi Tokopedia, Search “Tokopedia Salam” di search bar, klik donasi dan pilih kasusnya serta masukan jumlah/ nominal donasi yang diinginkan.

Selengkapnya di Tokopedia Salam.

Live Streaming

Powered by