6 Makanan dan Minuman yang Bantu Atasi Kecanduan Merokok

Oleh Henry pada 05 Des 2019, 04:03 WIB
Diperbarui 07 Des 2019, 03:13 WIB
puding wortel

Liputan6.com, Jakarta - Rokok mengandung nikotin yang berasal dari tembakau. Nikotin ini dianggap menjadi zat paling berbahaya atau racun dari rokok lantaran menyebabkan kecanduan atau ketergantungan.

Nikotin juga dapat menimbulkan kesenangan sementara di otak. Selain menimbulkan masalah kesehatan, merokok juga dapat menimbulkan beban ekonomi dan sosial.

Pasalnya, efek samping rokok bukan hanya akan dirasakan perokok itu sendiri (aktif), tapi juga bisa berdampak pada orang lain yang menghirup asapnya (pasif).  Anda yang tidak merokok tentu merasa sangat terganggu kalau terkena asap rokok saat berada di tempat umum.

Untuk masalah ekonomi, kalau seseorang sangat kecanduan dengan rokok, ia bahkan rela mengganti uang belanja atau kebutuhan lainnya demi sebungkus atau beberapa batang rokok.

Umumnya, perokok aktif dalam sehari bisa menghabiskan satu bungkus rokok atau bahkan lebih.Karena itu ada perokok yang ingin menghentikan kebiasaannya itu.

Namun berhenti merokok bukanlah hal yang mudah. Tapi bukan berarti juga sebuah kemustahilan. Misalnya dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Dilansir dari The Daily Meal, setidaknya ada enam makanan dan minuman yang bisa membantu mengatasi kecanduan merokok.

2 of 4

Susu

Ilustrasi Susu
Ilustrasi susu almond (dok. Pixabay.com/rawpixel/Putu Elmira)

Menurut penelitian dari Duke University, Amerika Serikat, perokok yang minum segelas susu sebelum merokok, akan membuat rokok yang dihisapnya terasa sangat pahit.

Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba mengatasi kecanduan rokok, minumlah susu setiap kali timbul keinginan untuk merokok.

Jeruk

Jeruk memiliki antioksidan yaitu vitamin C sangat baik untuk membersihkan zat-zat berbahaya dalam tubuh, termasuk nikotin. Nikotin sendiri merupakan zat kimia yang membuat orang ketagihan merokok. Sehingga jeruk dan lemon yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi rasa ingin merokok.

Wortel

Cara mengonsumsi makanan ini dengan cara dijadikan jus. Jus wortel dapat membantu menghentikan keinginan merokok. Sama halnya dengan efek yang diberikan susu, saat Anda meminum jus wortel sebelum merokok, maka rokok akan terasa pahit dan tidak senikmat biasanya.

3 of 4

Makanan ringan yang asin

Ilustrasi Keripik Kentang
Ilustrasi Keripik Kentang (iStockphoto)​

Beberapa orang meyakini bahwa makan sesuatu yang asin seperti keripik asin, popcorn asin, atau yang lainnya, dapat membantu menangkal keinginan merokok.

Alasannya, makanan asin ini dapat menghilangkan nikotin di dalam tubuh. Meski begitu, pastikan Anda tidak memiliki tekanan darah tinggi atau bisa dikonsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

Smoothie

Sensasi manis yang dihasilkan rokok akan Anda rindukan saat ingin berhenti merokok. Anda bisa memuaskan hasrat itu dari minuman yang memiliki rasa manis alami. Contohnya seperti smoothie dari buah segar. Anda bisa mengombinasikannya dengan buah yang kaya akan vitamin C.

Yoghurt

Bagi Anda yang tidak ingin atau tak suka meminum susu, yoghurt merupakan alternatif pilihan baik lainnya. Yoghurt yang dibuat dengan pemanis alami juga bisa berguna untuk mengubah rasa rokok menjadi tidak enak. Itu karena yoghurt merupakan menu olahan dari susu.

4 of 4

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓