Sukses

Selamat, Tim Indonesia Torehkan Prestasi di Cheerleading World Championship 2019

Tim nasional Cheerleading Indonesia berhasil meraih medali perunggu di ajang Cheerleading World Championship 2019 di Takasaki, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Turut serta dalam ajang World Championship ke-10, tim nasional Cheerleading Indonesia meraih medali perunggu untuk kategori Cheerleading Junior 1.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu, kejuaraan dunia cheerleading ini merupakan ajang dua tahunan yang diselenggarakan International Federation of Cheerleading (IFC).

Tahun ini, dengan Jepang sebagai tuan rumah, kompetisi ini diadakan pada 23--24 November 2019. Dua tahun lalu, dalam kategori yang sama, tim Indonesia berhasil mengungguli tim tangguh yang merupakan saingan terberat, Thailand, dan meraih medali perak.

Namun, pada 2019, mereka harus mengakui keunggulan lawan. Tim Nasional dalam kategori Cheerleading Junior satu ini dipilih dari juara 1 Kejuaraan Nasional Cheerleading 2019, yakni Cheerleading "BABY-G" dari SD St. Yakobus, Jakarta, pada 28 April 2019 di Surabaya, Jawa Timur.

Cheerleading World Championship 2019 diikuti 31 negara yang terbagi jadi 134 tim dalam 17 kategori yang diperlombakan. Pada 2019 adalah tahun ke-6 Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI) mengirimkan kontingen yang bersaing dalam enam kategori.

Mereka adalah kategori Cheerleading Junior 1, Cheerleading Small Group All-Female, Cheerleading Small Group Mixed, Cheerleading Doubles, Cheerleading All-Female, dan Cheerleading Mixed.

Ketua Umum FCSI Pusat Oki Trihartomo mengatakan, pihaknya sangat puas dengan hasil yang diperoleh tim nasional Cheerleading Indonesia. "Meski merupakan penurunan dari kejuaraan sebelumnya, tim nasional Indonesia sudah memberi penampilan yang terbaik. Hanya saja memang harus diakui tim lawan lebih unggul tahun ini," katanya.

Kejadian ini disebut Oki bisa jadi motivasi ekstra bagi atlet cheerleader Indonesia agar lebih mengingkatkan kualitas di tahun mendatang.

"Perlu diingat bahwa Indonesia masih 'bayi' dalam olahraga cheerleading dibanding Jepang, Thailand, atau negara Eropa lain yang sudah lebih dari 20 tahun bergelut dalam cheerleading. Tapi, kita berhasil naik podium dan mencuri satu medali. Tentu saja ini suatu prestasi yang dibanggakan," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dorong Kemajuan Cheerleading Indonesia

Demi memperkuat komitmen dalam memajukan dunia cheerleading di Indonesia, FCSI sebagai anggota tetap Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) memiliki rangkaian kegiatan dan program kerja yang dijalankan setiap tahun.

Beberapa di antaranya adalah kejuaraan daerah, kejuaraan nasional, cheer camp, dan sertifikasi pelatih internasional. Saat ini, FCSI sudah memiliki delapan kepengurusan provinsi, serta ratusan tim di seluruh Indonesia yang bakal terus berkembang.

"Sejalan dengan visi misi FCSI dalam memasyaratkan dan memajukan cheerleading di Indonesia, kami berusaha meningkatkan kualitas atlet, khususnya dengan lebih fokus memupuk minat atlet usia dini," kata Oki.

"Harapan kami ke depannya olahraga cheerleading lebih dapat dikenal masyarakat Indonesia. Dengan begitu, akan lebih banyak lagi cikal bakal atlet cheerleading yang berkualitas dan dapat mengharumkan nama bangsa di kancah internasional," tandas Oki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.