Sukses

Tampilan Jam Tangan Bernilai Rp437 Miliar, Termahal dalam Pelelangan

Jam Patek Philippe Grandmaster Chime sukses memecahkan rekor dalam pelelangan.

Liputan6.com, Jakarta - Jam tangan dari brand ternama, Patek Philippe, terjual 31 juta dolar AS atau sekitar Rp437 miliar dalam lelang amal di Jenewa, Swiss. Hal tersebut membuatnya jadi jam tangan termahal yang pernah dilelang.

Dilansir CNBC, Rabu (4/12/2019), Patek Philippe Grandmaster Chime Ref. 6300A-010 berhasil memecahkan rekor. Sebelumnya, Rolex Daytona yang pernah dimiliki aktor Paul Newman, dilelang pada 2017 seharga 17,7 juta dolar AS atau setara Rp249 miliar.

Patek dijual sebagai bagian dari lelang Only Watch di Jenewa yang diadakan oleh Christie untuk kepentingan penelitian pada Duchenne muscular dystrophy, kelainan bawaan kelemahan otot progresif.

Untuk penjualan, pembuat jam tangan termasuk Patek, Audemars Piguet dan F.P. Journe menciptakan dan menyumbang jam tangan satu-satunya yang didambakan oleh para kolektor arloji di seluruh dunia.

Fakta lain bahwa penjualan untuk amal membantu meningkatkan harga penawaran, menurut para juru lelang. Patek Philippe Grandmaster Chime reference 6300A-010 adalah satu-satunya jenis yang dibuat dalam stainless steel.

Terdapat 20 detail dalam jam tangan berharga fantastis tersebut. Di dalamnya termasuk grande dan petite sonnerie, repeater satu menit, kalender abadi instan dengan tampilan tahun empat digit, zona waktu kedua, dan 24-hour and minute subdial.

Fitur jam tangan yang paling unik adalah dial depan dan belakang, satu warna salmon dan lainnya warna hitam yang dapat diputar atau dibalik.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jam Tangan Termahal di Dunia

Sementara itu, jam tangan dengan harga fantastis juga hadir dari Graff Diamonds. Dilansir dari Wealthy Gorilla, Rabu (4/12/2019), Hallucination dari Graff Diamonds seharga 55 juta dolar AS atau setara Rp775 miliar diklaim sebagai jam tangan termahal di dunia.

Jam tangan ini dibuat menjadi gelang platinum. Arloji super mewah ini terbuat dari 110 karat berlian berwarna langka dari berbagai potongan.

Selain itu, di peringkat dua ada Graff Diamonds The Fascination seharga 40 juta dolar AS atau setara Rp563 miliar. Jam ini terbuat dari 152,96 karat berlian putih. Namun, ia juga menampilkan cincin berlian berbentuk pir 38,13 karat yang dapat dilepas, terletak di tengah arloji.

Lalu di posisi ketiga ada Breguet Grande Complication Marie-Antoinette yang seharga 30 juta dolar AS atau setara Rp422 miliar. Jam yang dibalut emas ini menampilkan mekanik rumit di belakangnya. Pembuatan pertama jam ini dimulai pada 1782 dan butuh lebih dari 40 tahun untuk membuatnya dan selesai pada 1827.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.