Milenial Umroh Perdana, Perhatikan 6 Hal Ini Biar Nyaman dan Fokus Ibadah

Oleh Gilar Ramdhani pada 02 Des 2019, 14:40 WIB
Diperbarui 02 Des 2019, 15:15 WIB
Milenial Umroh Perdana, Perhatikan 6 Hal Ini Biar Nyaman dan Fokus Ibadah

Liputan6.com, Jakarta Berkesempatan melakukan perjalanan ibadah umrah merupakan sesuatu hal yang istimewa dan patut disyukuri. Terlebih para generasi milenial, masih muda namun sudah mampu dan terpanggil untuk datang ke Tanah Suci Mekkah.

Bagi milenial yang sudah berkali-kali pergi umrah tentu sudah paham persiapan dan kebutuhan yang diperlukan selama menjalankan ibadah. Sebaliknya jika kamu termasuk milenial yang baru pertama kali atau perdana untuk umrah perlu menyimak beberapa hal ini supaya bisa nyaman dan fokus ibadah.

1. Persiapan Waktu

Ibadah umrah bisa dilaksanakan kapan saja. Namun kondisi iklim di Tanah Suci yang berbeda dengan Indonesia membuat kamu harus mampu beradaptasi dengan iklim. Untuk kenyamanan, hindari umrah di puncak musim panas dan juga puncak musim dingin.

Periode musim dingin biasanya terjadi November - Februari dan musim panas Juni - Agustus.  Periode bulan Maret hingga Mei bisa menjadi pilihan terbaik karena cuaca lebih bersahabat.

2. Memilih agen travel umrah yang amanah

Agen travel yang amanah cenderung tidak pernah gagal mengantarkan jamaahnya untuk ibadah umrah. Jika ada berita negatif, sebaiknya kamu cari alternatif lain. Konsultasikan pada teman, keluarga atau mungkin ulama terdekat kamu yang pernah menjalankan ibadah umrah untuk mendapatkan rekomendasi yang baik.

Ketika sudah memilih agen travel umrah, tetap perhatikan juga dengan teliti setiap detail layanan agar tidak ada hal yang terlewatkan yang akhirnya merepotkan kamu. Jadikan pengalaman untuk nantinya bisa share ke teman dan keluarga.

3. Dokumen dan perlengkapan

Dokumen sudah hal wajib yang harus dipenuhi dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kamu bisa konsultasikan dengan agen. Begitu juga dengan pelengkapan, kamu perlu cek mana yang disiapkan oleh travel dan perlu kamu siapkan sendiri. Jangan ragu bertanya. Lebih baik sibuk bertanya di awal dari pada nanti kerepotan.

Ingatlah bahwa ini ibadah umrah, tentunya semua pakaian kamu harus tertutup. Pria kebayakan pakai gamis, sementara perempuan yang tak berhijab pun selama di Tanah Suci harus berhijab dan pakaian sopan.

4. Pelajari seluk beluk, informasi dan tata cara umrah

Pelajari informasi sebanyak mungkin mengenai tata cara ibadah umrah agar dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk. Ikutilah kegiatan manasih umrah, selain bisa belajar juga bisa mengenal calon-calon rombongan ibadah umrah. Mengenal rekan-rekan di rombongan dari awal akan membantu selama kegiatan ibadah umrah. Ketika berkeinginan untuk mencium Hajar Aswad pastikan kamu tidak pergi sendirian, harus rekan rombongan yang jalan bersama. Untuk perempuan disarankan tidak jalan sendirian saat di Tanah Suci.

Selain tata cara umrah, kamu juga perlu mengetahui informasi lain seputar Tanah Suci Mekkah, Madinah, dan sejarah Islam serta Nabi Muhammad SAW. Tak ketinggalan tentunya informasi sekitar penginapan selama kamu di Mekkah dan Mekkah.

5. Persiapan fisik dan rohani

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah persiapan fisik dan mental. Penerbangan yang panjang dan lingkungan di Tanah Suci berbeda membuat tubuh perlu adaptasi. Jika tubuh tidak dalam kondisi bugar tentunya akan terganggu menjalani kegiatan ibadah umrah. Konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur.

Selain fisik, rohani atau batin kita juga perlu dimantapkan. Memperbaiki diri sebelum berangkat umrah sangat dianjurkan agar ibadah umrah di Tanah Suci berjalan lancar dan khusyuk.

6. Komunikasi dan paket Internet

Untuk mempermudah komunikasi selama di Tanah Suci baik dengan rombongan umrah maupun keluarga di Indonesia, kamu perlu mengaktifkan paket telpon khusus. Ketika umrah, kamu bisa aktifkan paket Paket Umroh XL yang memiliki jaringan luas dan paket hemat sehingga #JadiBisa Internetan, telpon, dan sms mulai dari Rp149 ribu, tanpa ganti kartu!

Memiliki paket telpon dan internet diperlukan ketika berada di Tanah Suci. Sebab ketika selesai melaksanakan rukun umrah, kamu akan melakukan aktivitas lain seperti ziarah, makan, belanja dan jalan-jalan seperti halnya di Indonesia. Bedanya selama di Tanah Suci dianjurkan lebih banyak untuk beribadah baik di Mekkah dan Madinah.

Untuk aktifkan Paket Umrah XL cukup tiga langkah saja.

a. Aktifkan di UMB *123*747#

b. Pilih paket sesuai kebutuhanmu (harian, mingguan, atau bulanan)

c. Cek di *123*747# atau NEW myXL apps untuk memastikan layanan data roaming sudah aktif.

Pembelian Paket Umroh XL juga bisa dilakukan via Online Store favoritmu, seperti: Traveloka, Tokped, Bukalapak, Lazada, Blibli, Kaskus, JD.ID, Sepulsa, dan Ayopop Apps.

Informasi lebih lanjut bisa ditemukan di website di sini.

 

 

(Adv)