Cara Mudah Memilih Paket Umrah yang Aman dan Transparan

Oleh Henry Hens pada 28 Nov 2019, 05:04 WIB
Diperbarui 28 Nov 2019, 05:17 WIB
Tokopedia Salam

Liputan6.com, Jakarta - Memilih travel agent atau biro perjalanan terpercaya untuk ibadah umrah memang tiidak mudah. Sudah cukup banyak kasus calon jemaah yang tertipu akibat ulah oknum travel agent.

Untuk mengatasi masalah seperti itu, Tokopedia menawarkan solusinya. Sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, mereka baru saja meluncurkan Tokopedia Umroh, yang merupakan bagian dari ekosistem Tokopedia Salam.

Peluncuran Tokopedia Umroh hari ini juga turut diresmikan oleh Perwakilan Kementerian Agama Indonesia, Kepala Subdirektorat Perizinan, Akreditasi, dan Bina Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah pada Direktorat Bina Umrah, Ali Zakiyudin.

Lalu ada Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), Anggito Abimanyu, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Edy Setiadi; M.A. Wakil Ketua BPH Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), Prof. Dr. H. Fathurrahman Djamil; Pakar Ekonomi Syariah Adiwarman Azwar serta sejumlah mitra strategis Tokopedia lainnya, di Jakarta.

Tokopedia berkolaborasi dengan para mitra strategis, dalam hal ini berbagai agen umrah resmi, Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan,

"Kami bekerja sama dengan puluhan agen resmi terkurasi dengan standar layanan yang baik untuk mempermudah persiapan pengalaman beribadah umrah dan saat melakukan perjalanan di Saudi Arabia. Ini adalah bisnis kepercayaan jadi kami hanya memilih agen umrah yang terpercaya," terang Garri Juanda selaku Head of Tokopedia Salam, dalam acara peluncuran di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 November 2019.

"Selain itu, masyarakat juga semakin dipermudah dalam melakukan pembayaran cicilan tanpa riba untuk paket umrah di Tokopedia Umroh. Cukup dengan membayar uang muka terlebih dahulu, lalu melakukan pelunasan sebelum keberangkatan ke tanah suci,”"sambungnya.

Selain paket umrah, Tokopedia Salam juga menghadirkan lebih dari 21 juta produk yang terkurasi oleh lebih dari 700 ribu penjual untuk mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk berbagai produk makanan, minuman, fashion dan kecantikan.

2 dari 3 halaman

Memudahkan Penyaluran Bantuan

Tokopedia Salam
Peluncuran Tokopedia Salam di Jakarta, 27 November 2019. (Liputan6.com/Henry)

Fashion muslim menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dicari masyarakat Indonesia. Menurut catatan Tokopedia, lebih dari 85 persen dari pengguna memiliki kebutuhan akan berbelanja fashion muslim. Untuk itu, Tokopedia berkolaborasi dengan berbagai kreator lokal seperti Ria Miranda, Zoya, SAYEE dan masih banyak lagi.

Menurut Garri, sejak peluncurannya, Tokopedia Salam mengalami peningkatan kunjungan sebesar 45 persen dari September hingga Oktober 2019.

Selain Tokopedia Umroh, mereka juga mengumumkan kampanye berdonasi melalui Tokopedia Salam. Masyarakat bisa lebih mudah dalam menyalurkan bantuan berupa sedekah, kurban dan zakat secara transparan dan sesuai preferensi masing-masing

Selain itu, Tokopedia juga telah bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan seperti NU Care-LAZISNU, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, Baznas dan mitra lainnya untuk memungkinkan masyarakat Indonesia, khususnya pengguna Tokopedia, untuk bersedekah, berkurban sampai berzakat.

Masyarakat bisa memilih sendiri lembaga penyalur bantuan sesuai preferensi masing-masing. Melalui Tokopedia Salam, para penjual dan agen umrah resmi dharapkan bisa berevolusi menjadi perusahaan teknologi yang bisa terus beradaptasi dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

"Diharapkan juga bisa memiliki akses dan jangkauan pasar yang lebih luas, sesuai dengan misi pemerataan ekonomi syariah di Indonesia secara digital," tutup Garri.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓