Sukses

4 Cara Jitu Ditawari Pekerjaan Tanpa Melamar

Apakah kamu tahu mengirimkan surat lamaran kerja bukan lagi menjadi satu keharusan, sebab sekarang sudah banyak perusahaannya sendiri yang ‘turun’ untuk mencari pegawai.

Liputan6.com, Jakarta Proses mencari kerja memang menjadi proses yang melelahkan tetapi harus kamu lakukan jika ingin mendapatkan penghasilan. Namun, apakah kamu tahu mengirimkan surat lamaran kerja bukan lagi menjadi satu keharusan, sebab sekarang sudah banyak perusahaannya sendiri yang ‘turun’ untuk mencari pegawai.

Tentu saja kriteria utama untuk direkrut sebuah perusahaan adalah kamu harus mempunyai kualifikasi yang sesuai. Selain itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk dapat direkrut langsung oleh perusahaan. Ini dia cara agar mendapat pekerjaan tanpa harus repot-repot melamar tapi malah dilamar perusahaan:

1. Terus upgrade skill

Merasa sudah mempunyai skill yang cukup? Jangan cepat puas! Penting bagi kamu untuk terus upgrade skill yang belum kamu punya apalagi jika kamu mau agar perusahaan lain melirik kamu. Interpersonal skill yang kamu miliki akan berperan penting dalam menjalin relasi, kepemimpinan kamu akan menentukan pantas tidaknya kamu menangani suatu project, keterampilan kamu dalam menulis akan membuat kamu mampu menyampaikan ide dengan jelas dan terarah. Nah semua itu, skill yang kalo harus tingkatkan sebagai bentuk pengembangan diri juga!

2. Personal Branding

Personal Branding adalah suatu persepsi, kesan atau pendapat seseorang mengenai diri kita. Penting bagi kamu untuk mempunyai personal branding ketika melamar pekerjaan. Dengan mempunyai personal branding sendiri, perusahaan dapat mudah membedakan kamu dengan kandidat lainnya.

Untuk menciptakan personal branding kamu bisa mulai membuat media untuk membranding diri contohnya blog, website, portofolio dan lain sebagainya. Bahkan kamu bisa saja memulai personal branding melalui media sosial seperti LinkedIn, Instagram, Twitter dan Facebook. Salah satu yang perlu kamu coba adalah berteman dengan tim HRD di perusahaan lain melalui Linkedln.

3. Aktif di Sosial Media

Aktif di sosial media juga bagian dari personal branding, lho! Untuk aktif di media sosial pasti kamu membutuhkan internet dan nggak selalu kamu bisa bergantung terhadap wifi gratisan. Kamu tetap butuh mempunyai paket internet dan pulsa sendiri kan? Tapi, bagaimana ketika kamu ingin update di media sosial namun tiba-tiba pulsa dan kuota habis.

Jangan khawatir, kamu nggak perlu cari konter pulsa lagi karena di Traveloka kamu bisa beli pulsa online dimana saja dan kapan saja. Untuk kamu pengguna XL, Traveloka menyediakan promo pulsa XL yang menarik banget! 

Bukan cuma beli pulsa XL, kamu juga bisa beli pulsa semua provider atau semua operator lewat Traveloka App maupun website. Baik beli pulsa Telkomsel, Indosat Ooredoo, Tri, Axis dan Smartfren. Jadi, nggak ada cerita tuh update di Instagram terhambat gara-gara susah beli pulsa!

Berkaitan dengan social media, untuk mendapatkan personal branding yang positif kamu perlu mengontrol postingan dengan baik. Tak perlu posting yang aneh-aneh. Di era digital, para tim rekrutmen HRD tentu tidak gaptek untuk mencari tahu latar belakang Anda lewat media sosial.

4. Mengikuti Talent Marketplace

Sebenarnya sama seperti e-commerce pada umumnya, marketplace merupakan suatu wadah bagi para pembeli untuk menemukan produk-produk yang mereka butuhkan. Nah, kalau talent marketplace, talent berperan seakan-akan sebagai produk, dan employer yang sedang mencari kandidat, adalah pembelinya. Para talent yang masuk ke dalam marketplace akan mendapat kesempatan untuk direkrut oleh employer berdasarkan kriteria yang menjadi persyaratan.

Selamat mencoba dan semoga mendapatkan pekerjaan yang dicita-citakan.

 

(Adv)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini